PDIP Kabupaten Mojokerto Serahkan 3.400 Pohon ke Warga Pugeran

  • Whatsapp
PDIP Mojokerto
Desa Pugeran, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto. (istimewa)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MOJOKERTO – Ketua DPC PDIP Kabupaten Mojokerto menyerahkan ribuan pohon dari berbagai jenis ke Desa Pugeran, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Selasa, 26 Januari 2021.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Mojokerto Pungkasiadi menjelaskan, penyerahan 3.400 pohon tersebut dilakukan sebagai wujud peringatan hari jadi PDI-P ke 48 pada 10 Januari 2021 lalu, sekaligus memperingati hari lahir Megawati Soekarno Putri yang jatuh pada 23 Januari.

Baca Juga

“Sebanyak ribuan pohon kami serahkan ke warga Pugaran, sebagai wujud tradisi gerakan menanam pohon yang sudah sejak lama diterapkan Bu Mega,” ungkapnya.

BACA JUGA: Megawati Pilih Bunga Lotus Sebagai Logo Gerakan Cinta Ciliwung Bersih – Noktahmerah.com

Ribuan pohon yang diserahkan ini, tak hanya pohon-pohon yang memiliki daya resap air dan peneduh saja (jenis memperkuat insfrastruktur), seperti pohon sengon, pohon jati. Melainkan juga bibit pohon yang menghasilkan buah (jenis bernilai ekonomis), yakni pohon sirsak, pohon jambu, pohon asem.

Dia melanjutkan, teknis penanaman pohon telah diatur sedemikian rupa dengan memperhatikan kondisi lahan dan area infrastruktur yang akan ditanam, jenis pohon, serta metode penanaman dan pemeliharaan.

“Sehingga jika ditanam dua sampai tiga tahun lagi akan sudah menghasilkan. Apalagi kalau ditanam di belakang rumah-rumah warga,” harap Bupati Mojokerto ini.

Abah Ipung sapaan akrabnya, menyebut kondisi di Kabupaten Mojokerto yang rawan bencana sangat cocok untuk dilakukan penanaman secara berkelanjutan.

BACA JUGA: Ultah Megawati, PDIP Kabupaten Pasuruan Tanam 300 Pohon di Lereng Arjuno

“Kita tau, kalau Mojokerto ini rawan. Rawan banjir, rawan longsor, kekeringan, dan sumber air juga ada. Dengan adanya gerakan menanam pohon ini bisa meminimalisir bencana,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pugaran Muhammad Arif menyambut baik penyerahan ribuan pohon untuk warga desanya.

“Rencananya akan kami berikan ke seluruh warga. Untuk ditanam di lingkungan rumah warga masing-masing,” pungkasnya.(din/lna)