Ning Ita dan Ketua DPD RI Resmikan Pasar Benpas Berbasis Transaksi Digital

  • Whatsapp
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dan Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti saat bersama-sama meresmikan Pasar Benpas di Kota Mojokerto.
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MOJOKERTO – Pasar Benteng Pancasila (Benpas) Mojokerto berbasis transaksi digital diresmikan langsung Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dan Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti.

Persemian tersebut didampingi pula Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi, serta Wakil Ketua Komite II Bustami Zainuddin, Kamis, 22 Oktober 2020.

Baca Juga

Pasar Digital Benteng Pancasila (Benpas) sendiri bertujuan untuk memajukan ekonomi, terlebih setelah krisis pandemi Covid-19.

Dalam sambutannya Ketua DPD RI Lanyalla, mengatakan pasar adalah tonggak perekonomian, dan pasar digital sendiri akan dikembangkan diseluruh Indonesia.

Selain itu, ia juga mengenalkan bentuk transaksi modern yang akan digunakan di Pasar Benteng Pancasila nantinya.

Dimana pasar digital merupakan produk Kadin Jawa Timur yang merupakan organisasi besar yang pernah diketui dan dibesarkan oleh Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti sendiri.

“Saat ini kita memang memasuki cara hidup yang berbeda, atau yang kita kenal dengan istilah New Normal. Era baru ini memaksa kita mengubah pola hidup, termasuk memaksa kita mempercepat dan memaksimalkan penggunaan teknologi. Salah satunya teknologi digital,” jelasnya.

Karena itu, lanjut La Nyalla, Presiden Joko Widodo menggagas lima langkah Percepatan Trasformasi Digital.

Yakni, pertama dengan melakukan percepatan perluasan akses dan peningkatan Infrastruktur digital dan internet. Kedua, menetapkan roadmap transformasi digital disektor ekonomi strategis dan kerakyatan.

Diharapkan Jadi Pasar Rakyat yang Maju

“Sedangkan yang ketiga, mempercepat integrasi data nasional. Dimana yang keempat, menyiapkan kebutuhan SDM talenta digital. Hingga dipoint kelima, harus menyusun regulasi, skema pendanaan dan pembiayaan secepatnya,” tandasnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Wali Kota perempuan pertama Mojokerto Ning Ita, mengatakan Pasar Benteng Pancasila (Benpas) ini adalah pasar rakyat diharapkan dapat menjadi pasar yang maju, mandiri, dan tertib.

“Untuk itu, saya meminta kepada para pedagang dan pengunjung untuk melaksanakan kewajiban yaitu merawat bangunan ini, menjaga kebersihan, dan ketertiban pasar ini. Sehingga dengan adanya pasar ini masyarakat bisa merasakan manfaat, kenyamanan dan memenuhi kebutuhannya, dalam jangka panjang,” terangnya.

Ning Ita menyebutkan, selain sektor perdagangan, pemanfaatan sistem digital tersebut juga nantinya akan merambah pada sektor pendidikan.

“Contohnya, pemanfaatan sistem teknologi yang akan digunakan pada kantin-kantin sekolah. Sehingga, transaksi jual beli tidak lagi menggunakan uang tunai,” ucap Ning Ita.

Selain itu, pemimpin dengan slogan Spirit Of Majapahit nya ini juga mengenalkan bentuk transaksi modern yang akan digunakan dalam bertransaksi di Pasar Benteng Pancasila nanti.

“Pasar Benteng Pancasila merupakan pasar keempat yang dibangun setelah dua tahun menjabat dengan tujuan untuk memajukan ekonomi, terlebih setelah krisis pandemi,” pungkasnya. (din/aka)

Post Terkait

banner 468x60