Nakes Positif COVID-19, Tapi Swab Mandiri Jadi Negatif

  • Whatsapp
Hasil Tes COVID-19
Nakes yang jadi pasien positif oleh salah satu rumah sakit rujukan dinyatakan positif COVID-19
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JEMBER – Sejumlah tenaga kesehatan (Nakes) mengeluhkan ketidakjelasan penanganan COVID-19 di Kabupaten Jember. Pasalnya, terjadi kesimpangsiuran hasil swab diantara tenaga medis yang terlanjur divonis positif terjangkit virus corona.

Hal itu diutarakan anggota Komisi D Bidang Kesehatan, Sosial, dan Pendidikan DPRD Jember Dannis Barlie Halim yang mendapat pengaduan dari para tenaga medis.

Baca Juga

BACA JUGA: 21 Nakes Positif Corona, Direktur RSUD Ngudi Waluyo Wlingi Jamin Pelayanan Tetap Aman

Menurut Dannis, swab dibiayai secara mandiri yang dilakukan ke rumah sakit lain, justru menunjukkan hasil negatif COVID-19. Padahal, hanya berjarak antara satu sampai dua hari dari swab sebelumnya.

“Mengapa sampai terjadi hasil yang berbeda? Padahal, swab seharusnya sangat akurat. Apalagi menimpa tenaga kesehatan,” katanya, Sabtu 1 Agustus 2020.

Sementara ini, ia meminta media merahasiakan identitas para tenaga kesehatan yang mengadukan kasusnya ke DPRD.

Dannis hanya menunjukkan, swab perbandingan dari mengeluarkan uang sendiri. Tindakan nekat itu dilakukan karena Gugus Tugas COVID-19 Jember tidak memberikan rekam medis.

BACA JUGA: Dua Nakes Positif Corona, Puskesmas Wlingi Blitar Ditutup 6 Hari

“Tenaga medis mengeluh hanya diberi surat keterangan bahwa mereka (Nakes) positif COVID-19,” ujar legislator dari Partai NasDem ini.

Kini sedang dibahas oleh internal DPRD untuk membentuk panitia khusus tentang penanganan COVID-19. Sebab, sudah banyak pengaduan masyarakat yang merasa tidak mendapat pelayanan baik dari Pemkab Jember.

Besarnya anggaran sampai Rp479 miliar, dinilai Dannis, tidak menggambarkan kinerja maksimal pihak eksekutif.

“Jember memiliki dana penanganan cukup besar. Tapi, kita tahu sekarang penambahan pasien positif cukup banyak sampai 368 kasus. Tingkat kesembuhan dibawah 50 persen,” tuturnya.

Jubir Gugus Tugas COVID-19 Jember Gatot Triyono tidak menanggapi permintaan konfirmasi, meski nusadaily.com mengirim pesan pertanyaan. (sut)

Post Terkait

banner 468x60