Mobil Ambulans Lawan Arus Lalu Lintas, Bolehkah?

  • Whatsapp
Tangkapan layar ambulan lawan arah tabrak motor. (Istimewa)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – BANYUWANGI – Video aksi mobil ambulans lawan arus lalu lintas di Banyuwangi viral di media sosial. Aksi ogal – ogalan ini mengakibatkan seorang anggota Satlantas Polresta Banyuwangi mengalami luka-luka karena tertabrak mobil ambulan tersebut.

Baca Juga

BACA JUGA: Viral, Video Ambulans Lawan Arus Tabrak Motor Banyuwangi

Mobil ambulans memang memiliki hak utama untuk didahulukan di jalan raya. Apalagi mobil ambulan tersebut tengah membawa pasien yang membutuhkan penanganan medis cepat.

Namun aksi melawan arus lalu lintas ini tentu sangat berbahaya, terutama bagi pengguna jalan lainnya. Lantas bagaimana sesungguhnya aturan mobil ambulans melintas di jalan raya? Berikut ulasannya.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin mengatakan, sesuai dengan pasal 134 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, ada beberapa kendaraan yang memperoleh hak utama untuk didahulukan. 

“Salah satunya ialah ambulans yang mengangkut orang sakit,” kata Kapolresta Arman saat dikonfirmasi, Kamis 26 Nobember 2020.

Meski memiliki hak utama di jalan raya, bukan berarti mobil ambulans bisa sembarangan melawan arus lalu lintas. “Kalau kondisi urgen ada. Tapi harus dilihat dulu, urgenitasnya apa dia kok sampai melawan arus,” ungkapnya.

Tak hanya itu, jika memang kondisinya urgen dan darurat, sebelum berkendara di jalan raya semestinya harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan petugas kepolisian. 

“Kalau urgenitasnya melawan arus, maka sebelum berangkat ambulans ini harus menyampaikan kepada petugas di lapangan, sehingga ada pengawalan. Karena apa? Karena arus ini kan digunakan banyak orang,” ujarnya. 

BACA JUGA: Ambulans Lawan Arus dan Tabrak Pengendara Motor, Korban Anggota Polisi

“(Melawan arus) rawan terjadi kecelakaan. Namanya melawan arus kan bisa terjadi insiden fatal, bisa tabrakan,” tegasnya.

Arman menyesalkan kejadian mobil ambulans melawan arus yang berakibat terjadinya kecelakaan lalu lintas. “Harusnya tidak boleh, karena tidak ada pemberitahuan akhirnya terjadi kecelakaan. Harusnya tidak melawan arus ini,” tegasnya. (ozi/ian)

Post Terkait

banner 468x60