Mahasiswi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Laksanakan KKM-DR di Sumenep

  • Whatsapp
Mahasiswi UIN Malang mengikuti pelantikan sertijab kepala desa.
banner 468x60

NUSADAILY.COM—SUMENEP – Sejumlah mahasiswi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang asal Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melaksanan kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa Dari Rumah (KKM-DR). Kegiatan dimulai sejak 21 Desember 2020 lalu di Desa Batuan, Kecamatan Batuan, Kabupaten Sumenep.

Baca Juga

Terdapat 8 orang mahasiswi yang mengikuti kegiatan KKM-DR di Desa tersebut. Masing-masing dari mereka yakni Nikmatul Bahril W. Nur Kamilah Shafiyanti, Retno Dewi A, Shilatur Rahimi, Khairun Nisa’. Nafilatul Khofifah, Dinda Laila M dan Putri Ayu N. Mereka semua merupakan mahasiswa semester 5 UIN Malang.

Salah satu Mahasiswi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Nur Kamilah Shafiyanti menjelaskan kegiatan KKM-DR ini dilakukan oleh Mahasiswa UIN Malang asal Sumenep semester 5.

“KKM-DR daerah Sumenep dilakukan di Desa Batuan Sumenep. Karena desa tersebut merupakan desa yang terdapat di tengah-tengah pusat kota,” katanya.

Perempuan perparas cantik tersebut mengaku, kegiatan KKM-DR tersebut diawali dengan mengikuti sertijab Pj Kepala Desa.

“Setelah Sertijab, akhirnya kami bertemu dengan kepala desa. Beliau menyanggupi untuk memfasilitasi kami melaksanakan kegiatan KKM di desa batuan,” jelasnya.

“Dan hari ini tanggal 20/01/2021 adalah hari terakhir KKM-DR,” timpalnya.

Sudah Lakukan KKM-DR Dua Minggu

Dari keseluruhan kegiatan KKM-DR yang tengah berlangsung. Kelompok ini sudah melaksanakan KKM di TPQ Darul Istiqomah selama dua minggu.

“Kami melaksanakan KKM di TPQ Darul Istiqomah selama dua minggu. Kami membantu mengajar setiap hari Senin hingga Kamis. Terakhir ngajar pas tanggal 14 Januari kemarin sekaligus penutupan bersama seluruh santri dan ustdaz-ustadz,” tuturnya.

Selain mengajar di TPQ Darul Istiqomah, lanjut Mila sapaan akrabnya, beserta teman-temannya melakukan penyuluhan pencegahan penularan covid 19. Dengan membagikan masker, handsanitizer dan poster di setiap Kantor yang ada di Desa Batuan.

“Bahkan di dalam bidang kesehatan lainnya kami juga ikut kegiatan posyandu dan kelas ibu hamil (ANC),” imbuh alumnus Pondok Pesantren Al- Amien Prenduan tersebut.

Diketahui, kegiatan KKM-DR dilaksanakan selama satu bulan. Dan hari ini merupakan hari terakhir sekaligus perpisahan bersama dengan PJ Kepala Desa baru yang bertepatan dengan kegiatan musyawarah rencana pembangunan Desa bersama Camat Kecamatan Batuan. (nam/aka)