Longsor Susulan Pujon Tutup Jalur Malang-Kediri-Jombang

  • Whatsapp
longsor susulan
Jalan penghubung Malang-Kediri-Jombang tertimbun material longsoran.
banner 468x60

NUSADAILY.COM-MALANG- Hujan deras yang terjadi pada Rabu sore (3/1), mengakibatkan musibah longsor. Longsor terjadi dua titik. Pertama, longsor susulan terjadi di Dusun Ngepri, Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

Di titik lainnya, peristiwa longsor terjadi di Dusun Kedungrejo, Desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon.

Baca Juga

Longsor di kedua titik tersebut memutus jalur provinsi penghubung Malang-Jombang-Kediri.

Jalur penghubung itu tertutup material longsor yang berguguran hingga ke badan jalan.

Hujan deras sebabkan longsoran tebing di jalur provinsi penghubung Kabupaten Malang wilayah Barat menuju Jombang atau Kediri.

Jalur tertutup material longsor susulan dan tak bisa dilewati kendaraan.

“Material batu dan tanah longsoran tebing menutupi jalan sehingga tak bisa dilewati,” jelas Kapolsek Pujon, AKP Supriyanto.

Hingga kini, hujan masih terus mengguyur. Pihaknya meminta kepada masyarakat yang hendak melintas di jalur tersebut, untuk melewati jalur alternatif lainnya.

“Arus kami alihkan kembali menuju Batu atau Malang. Kondisi Sungai Konto juga semakin parah dan bisa lebih parah lagi luberan airnya. Saya sarankan bila mau ke Kediri atau Jombang lebih baik melalui jalur tol,” imbuh dia.

Plt Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sardono mengatakan sedang memberangkatkan satu unit alat berat dari Jombok menuju Pujon.

“Perkiraan tebing yang longsor memiliki ketinggian 30 meter, evakuasi pun kita lakukan bila hujan sudah reda dan keadaan aman,” tukas dia.

BACA JUGA:

Sebelumnya, pada Selasa (2/2/2021) pukul 17.50 Wib, tebing setinggi 25 meter dengan lebar 20 meter juga menutup jalan setelah mengalami longsor dua kali di Dusun Jombok, Desa Jombok, Kecamatan Ngantang. (wok)