Lima Kecamatan di Kabupaten Blitar Belum Terbentuk Bank Sampah

  • Whatsapp
Kepala DLH Kabupaten Blitar, Krisna Triatmanto
banner 468x60

NUSADAILY.COM – BLITAR – Lima kecamatan di Kabupaten Blitar belum terbentuk bank sampah. Yakni Kecamatan Nglegok, Doko, Bakung, Panggungrejo, dan Wonotirto. Data itu diketahui dari hasil evaluasi Dinas Lingkungam Hidup (DLH) Kabupaten Blitar sepanjang tahun 2020.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar, Krisna Triatmanto mengatakan, berdasarkan data yang dimilikinya, dari 220 desa di Kabupaten Blitar, hingga kini sudah ada 176 bank sampah yang terbentuk. Namun harapannya kedepan semua desa bisa membentuk bank sampah.

“Ada beberapa kecamatan yang belum terbentuk bank sampah. Yaitu Nglegok, Doko, Bakung, Panggungrejo, dan Wonotirto. Sehingga kita akan berupaya bisa membentuk bank sampah dibeberapa kecamatan tersebut,” kata Krisna kepada Nusadaily.com, Rabu 27 Januari 2021.

Melalui pendamping bank sampah, lanjut Krisna, pihaknya terus berupaya membentuk bank sampah didaerah atau desa yang belum ada. Menurutnya, dengan adanya bank sampah, pengelolaan sampah didesa bisa semakin baik.

“Jadi selain sampah menjadi berkurang, juga bisa bernilai ekonomis. Karena dikelola dengan baik melalui bank sampah tersebut,” tuturnya.

Krisna menambahkan, pendamping bank sampah yang ada akan di tugaskan untuk membentuk bank sampah di kecamatan yang belum ada. Sebab pihaknya menargetkan satu desa ada satu bank sampah. (tan/kal)