Libur Panjang, 1.932 Orang Manfaatkan Penerbangan Bandara Banyuwangi

  • Whatsapp
Pemeriksaan Prokes Bandara
banner 468x60

NUSADAILY.COM – BANYUWANGI – Selama long weekend, okupansi pengguna moda transportasi udara di Bandara Banyuwangi mencapai 1.932 penumpang. Angka ini merupakan yang tertinggi selama pandemi COVID-19.

Meski mengalami lonjakan penumpang, pihak bandara tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, untuk mencegah penularan COVID-19.

Baca Juga

Executive General Manager Bandara PT Angkasa Pura II (Persero) KC Banyuwangi Cin Asmoro mengatakan, libur panjang dimanfaatkan oleh masyarakat berlibur atau pulang mudik melalui Bandara Banyuwangi. 

BACA JUGA: Ketiban Wisatawan, Homestay hingga UMKM di Banyuwangi Bergeliat

“Total selama long weekend kita menerbangkan 1.932 penumpang yang datang maupun pergi. Puncaknya arus balik pada hari Minggu kemarin sebanyak 683 penumpang dari total jumlah pergerakan pesawat 12 keberangkatan dan kedatangan,” ujarnya, Senin 2 November 2020.

Protokol kesehatan

Seluruh stakeholder, kata Asmoro, telah melakukan penerapan protokol kesehatan selama pelayanan long weekend ini. KKP Kelas II Probolinggo Wilker Tanjung Wangi, Airnav KC Banyuwangi, BMKG Banyuwangi, CIQ, TNI dan Polri, Pemkab Banyuwangi, memberikan peranan penting dalam antisipasi COVID-19. 

Kolaborasi menjalankan fungsi dan tugas menjadi kunci utama sehingga operasional berjalan lancar dan protokol kesehatan diberlakukan dengan baik. 

“Physical Distancing harus dijaga, personel fokus mengantisipasi di sejumlah area keberangkatan. Diantaranya pemeriksaan suhu tubuh, dokumen penerbangan, check-in counter, boarding lounge dan area kedatangan, pemeriksaan E-HAC serta pengawasan di ruangan Terminal Operation Center (TOC),” ujar Cin Asmoro. 

PT Angkasa Pura II (Persero) KC Bandara Banyuwangi  berkomitmen  untuk menjalankan Protokol Kesehatan secara ketat yaitu dengan membagikan masker kepada para penumpang dan pengunjung di Bandara Banyuwangi. 

Sementara Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyambut baik naiknya okupansi penumpang di Bandara Banyuwangi. Kunjungan wisatawan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku wisata. 

“Tentu ini menjadi hal yang membahagiakan. Pada long weekend ini, wisatawan datang ke Banyuwangi yang saat ini sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Baik dari kedatangan wisatawan hingga ke seluruh destinasi wisata,” katanya. 

Melalui prokes ketat ini, diharapkan wisatawan semakin percaya untuk datang berkunjung ke Kota berjuluk ‘The Sunrise of Java’ ini, tanpa khawatir tertular COVID-19. 

“Tentu harapan kami, wisatawan bisa menikmati destinasi wisata dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Dengan begitu, penularan COVID-19 bisa di tekan seminimal mungkin,” tutup Bupati Banyuwangi dua ini. (ozi/kal)

Post Terkait

banner 468x60