Lagi, Penipuan Berkedok Donasi Mengatasnamakan Pemkot Malang

  • Whatsapp
Tangkapan layar pesan singkat WhatsApp yang mengatasnamakan Pemkot Malang/Istimewa
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Aksi penipuan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggungjawab kembali terjadi. Setelah muncul akun media sosial mengatasnamakan Wali Kota Malang, Sutiaji, kini muncul aksi penipuan melalui pesan singkat WhatsApp yang mengatasnamakan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang.

Modus penipuan tersebut menyasar pengurus Pondok Pesantren maupun TPQ. Oknum pelaku melancarkan aksi penipuan dengan berkedok memberikan donasi yang mencatut nama Pemkot Malang. Oknum pelaku yang menagatasnamakan dirinya sebagai Agus Budiono, Staf Keuangan Pemkot Malang itu mengaku akan memberikan dana hibah sebagai bentuk donasi dari Pemkot Malang kepada salah satu TPQ.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang, Muhammad Nur Widianto, mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap berbagai modus penipuan.

BACA JUGA: Efektif Turunkan Penyebaran Covid-19, PPKM Mikro Jatim Diperpanjang

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Malang, apabila ada oknum yang mengatasnamakan Pemkot Malang, agar masyarakat berhati-hati dan konfimasi terlebih dahulu, jangan mudah percaya,” terang dia, Selasa (9/3/2021).

Saat ini, pihaknya ingin membangun kesadaran dan literasi kepada masyarakat agar bijak dan berhati-hati dalam menggunakan media sosial.

“Warga tidak akan pernah tahu akun seseorang di hack atau tidak. Sebab, oknum (hacker) akan memanfaatkan alam bawah sadar pengguna sosial media sekaligus memainkan emosinya. Situasi inilah yang sungguh membahayakan dan berpotensi fitnah, munculnya ujaran kebencian hingga perpecahan,” papar pria yang akrab disapa Wiwid ini.

Meski demikian, pihaknya mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan pemalsuan akun.

“Sebab, menurutnya, proses hukum bisa menimpa siapapun yang memiliki modus pemalsuan akun atau melakukan hack atas sosmed orang lain,” tandas dia.

BACA JUGA: Kisah Hantu Sadikem, Si Cantik Penunggu Jembatan Jiwan Madiun

Seperti diberitakan sebelumnya, upaya penipuan yang dilakukan oleh oknum tidak bertenggungjawab sebelumnya juga menimpa Wali Kota Malang, Sutiaji. Belum lama ini, beredar sebuah akun facebook yang mengatasnamakan Wali Kota Malang, Sutiaji. Padahal, sudah hampir tiga tahun, orang nomor satu di Kota Malang itu tidak menggunakan facebook dan tidak memiliki akun resmi.

Pemalsuan akun media sosial yang menimpa pejabat publik di Kota Malang. Sebelumnya, muncul akun facebook yang mengatasnamakan Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika. Akun tersebut menawarkan pinjaman kredit hingga ratusan juta dengan cicilan ringan. Bahkan, sudah ada yang sempat tertipu.

Selain itu, juga muncul akun WhatsApp yang mengatasnamakan Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko yang juga sempat melakukan penipuan. Bahkan, sudah ada yang sempat tertipu. (nda/kal)