Kuota 43 Ribu, 17 Ribu Penerima Bansos Baru Diusulkan Pemkab Blitar

  • Whatsapp
Bansos

NUSADAILY.COM – BLITAR – Ditengah pandemi COVID-19 ini, harapan masyarakat Kabupaten Blitar terhadap uluran tangan Pemerintah Daerah cukup besar. Pasalnya, banyak pekerjaan masyarakat yang terkendala dan mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap dirumah.

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial telah menggelontorkan bantuan besar-besaran. Mulai dari tambahan penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bagi warga terdampak. Terbaru, Kemensos RI kembali memberikan bantuan sosial tunai bagi seluruh daerah, termasuk Kabupaten Blitar yang mendapat kuota 43.398 keluarga.

Bacaan Lainnya

Namun nampaknya jumlah kuota yang diberikan itu tidak segera dimanfaatkan oleh Pemkab Blitar. Pasalnya hingga saat ini baru mengusulkan 17.594 keluarga penerima.

“Kuota dari Kemensos 43 ribu lebih. Tetapi setelah diverifikasi, kita masih mampu mengirim 17 ribuan. Saat ini masih proses pengajuan data yang dikirim ke Kemensos,” kata Romelan kepada Nusadaily.com, Rabu 29 April 2020.

Romelan menjelaskan, bantuan sosial tunai itu berdasarkan surat Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial RI tertanggal 17 April 2020 perihal Alokasi Pagu Penerima Bansos tunai di Kabupaten Blitar. Namun ia memastikan data itu bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kondisi yang ada.

“Masing-masing keluarga akan menerima uang tunai Rp 600 ribu perbulan selama tiga bulan, yakni mulai April – Juni 2020. Nantinya penerima akan diberikan kartu ATM dari pemerintah untuk mencairkan bantuan itu,” jelasnya.

Romelan menambahkan, rincian belasan ribu keluarga penerima itu, yaitu sebanyak 13.755 keluarga merupakan usulan dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), kemudian 5.989 keluarga usulan dari Pemerintah Kabupaten Blitar.

“Jadi selain bantuan sosial tunai, Kemensos sudah memberikan bantuan lain, seperti PKH, BPNT, dan tambahan BPNT selama sembilan bulan bagi warga terdampak Covid-19,” imbuhnya. (tan)