Kreativitas Pokdarwis Teja Arum, Embung Jadi Destinasi Low Cost Tourism

  • Whatsapp
pokdarwis teja arum
Embung yang dikembangkan Pokdarwis Teja Arum di Kota Probolinggo untuk pengembangan low cost tourism.
banner 468x60

NUSADAILY.COM – NUSADAILY.COM-PROBOLINGGO- Ini kreativitas Pokdarwis Teja Arum, jadikan embung low cost tourism. Wisata masih menjadi kebutuhan masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Melalui wisata, dinilai mampu menguatkan imun dalam menjaga ketahanan tubuh.

Baca Juga

BACA JUGA: Imbas Corona, Target PAD Rp 3,4 Miliar dari Sektor Wisata Probolinggo Bakal Tak Terpenuhi

Langkah itulah, yang kini digenjot Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Teja Arum Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Memanfaatkan embung, Pokdarwis mengembangkan konsep wisata murah meriah atau low cost tourism.

Embung, mengacu pada definisi resminya adalah cekungan yang digunakan untuk menampung dan mengatur suplai air hujan pada sebuah kawasan, biasanya ada di desa. Air yang ditampung tadi digunakan sebagai persediaan suatu desa saat musim kering tiba, baik untuk pengairan sawah ladang maupun untuk konsumsi air minum warga desa.

Wisata Embung di JLU Probolinggo

Ekowisata embung ini berada persis di Jalur Lingkar Utara (JLU) , Kota Probolinggo. Sekian lama embung tersebut hanya dianggap sebagai penampung air hujan, dan pembuangan sampah, kini keberadaan embung mulai dilirik sebagai potensi pariwisata yang menjanjikan.

Tak terkecuali dengan embung di Mangunharjo ini. Embung ini lebih dikenal dengan nama Embung Jalu Arum, atau Embung Jalu, karena letaknya berada dijalan Lingkar Utara daerah makam mbah Arum.

Ketua Pokdarwis Teja Arum (Tekad Kerja Bersama Rakyat Untuk Mangunharjo) Zulfikar Imawan mengatakan, pengembangan wisata embung karena sebelumnya cenderung dibiarkan. Sebab, selamaini hanya digunakan sebagai tempat pembuangan sampah.

“Karena tempat ini dinilai terbengkalai, kita manfaatkan bersama warga untuk destinasi wisata. Kalau kita lihat, potensinya bagus,” jelasnya kepada induk imperiumdaily.com, Senin, 21 September 2020.

Pihaknya berharap, pengembangan wisata embung ini menjadi rujukan masyakarat. Yang tentunya, tidak kalah dengan destinasi wisata lainnya.

“Akses wisata ini juga tak jauh lokasinya dengan TWSL Kota Probolinggo. Sehingga bisa mampir sekalian ke wisata embung,”tambah Iwan yang juga Ketua DPD NasDem Kota Probolinggo ini.

Untuk penambahan fasilitas, pihaknya berencana memperbaiki akses lokasi yakni jalan. Selain itu, akan diberikan gazebo termasuk melibatkan petugas dengan mengajak warga sekitar.(ras/cak)

Post Terkait

banner 468x60