Kota Malang Segera Lakukan PSBL di Kawasan Mergosono dan Bunulrejo

  • Whatsapp
Mergosono
Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata. Foto: Amanda Egatya/nusadaily.com
banner 468x60

NUSADAILY.COM-MALANG- Angka pasien terkonfirmasi positif di Kota Malang terus bertambah. Bahkan, belakangan muncul klaster baru, yakni klaster keluarga di kawasan Mergosono dan Bunulrejo.

BACA JUGA: Tekan Angka Positif Covid, Wali Kota Malang Langsung Gelar Rakor

Baca Juga

Belum lama ini, Polresta Malang Kota menyarankan adanya lockdown lokal alias Pembatasan Sosial Berskala Lokal (PSBL) terhadap dua wilayah tersebut. Hal tersebut sempat menjadi pembahasan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Malang, Rabu (8/7) malam.

“Saya sudah sampaikan permohonan lockdown lokal. Kemudian, Kelurahan Mergosono sudah menindaklanjuti dengan mengadakan rapat bersama dengan forum komunikasi kecamatan. Beberapa hari ke depan akan diberlakukan,” terang Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata, Kamis (9/7/2020).

Jika nanti diberlakukan, tidak seluruh wilayah RW di Kelurahan Mergosono yang akan menjalani lockdown lokal. Hanya di wilayah tertentu yang banyak angka terkonfirmasi positif.

“Konsekuensinya, harus ada asupan sembako dan makanan primer terhadap wilayah tersebut,” ungkap dia di hadapan induk imperiumdaily.com ini.

Serta, nantinya, warga yang akan memasuki kawasan tersebut juga akan dibatasi. “Yang boleh keluar masuk hanya warga yang memiliki KTP setempat, yang berasal dari luar tidak diizinkan. TNI/Polri akan membantu menjaga,” papar dia.

PSBL Berlangsung Minimal 14 Hari

Sebelum pelaksanaan, wilayah setempat juga harus memikirkan warganya yang memiliki pekerjaan. Sebab, lockdown lokal tersebut akan diberlakukan selama 14 hari.

“Bagi warga yang bekerja, instansi harus diberitahu bahwa wilayah dia kena PSBL,” papar dia.

Selama pemberlakuan PSBL tersebut, Pemkot Malang juga akan melakukan tracing kepada warga sekitar. Serta, memberikan treatment khusus kepada warga yang sudah terkonfirmasi positif.

“Kami akan berikan treatment khusus bagi warga yang sudah terkonfirmasi positif, yakni treatment herbal. Ada beberapa obat herbal yang sudah kami konsultasikan dengan pihak rumah sakit, ” papar dia.

Treatment tersebut akan terus dilakukan hingga pasien yang terkonfirmasi positif hingga dinyatakan sembuh. “Nanti akan kami cek hasil swabnya hingga tiga kali dan dinyatakan sembuh,” lanjut dia.

Selain wilayah Mergosono, kawasan Bunulrejo juga akan dilakukan PSBL. “Nanti juga akan dikomunikasikan,” pungkas dia.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkot Malang, Nur Widianto mengungkapkan, keinginan PSBL tersebut merupakan permintaan dari warga. “Kami hanya menindaklanjuti keinginan dari warga. Terkait teknisnya, bisa langsung ke Camat setempat,” tandas dia.(nda/cak)

Post Terkait

banner 468x60