Kota Batu Tak Dapat Jatah CPNS 2021

  • Whatsapp
Para ASN di lingkungan Pemkot Batu mengikuti apel pagi perdana setelah cuti libur Lebaran 2021
Para ASN di lingkungan Pemkot Batu mengikuti apel pagi perdana setelah cuti libur Lebaran 2021
banner 468x60

NUSADAILY.COM-KOTA BATU– Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batu, Siswanto mengatakan, Kota Batu tak mendapat kuota CPNS tahun 2021. Kemenpan-RB hanya memberikan jatah rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K). 

“Kuota P3K yang diterima Pemkot Batu sebanyak 154 formasi. Keputusan itu diberikan kepada Pemkot Batu ketika verifikasi nasional beberapa waktu lalu di Bali,” terang Siswanto dilansir Nusadaily.com

Baca Juga

Ia mengatakan formasi itu ditujukan untuk kebutuhan tenaga pendidik. Semula BKPSDM Kota Batu mengajukan sebanyak 183 formasi P3K guru. Jika diakumulasi dengan non guru kebutuhan yang diajukan semula sebanyak 337 formasi P3K.

“Tapi, Kemenpan-RB hanya memberikan 154 formasi guru. Itupun hanya untuk PPPK. Dengan begitu tidak ada formasi CPNS Pemkot Batu tahun ini,” terangnya.

Dengan begitu, tambah Siswanto, dirinya saat ini tengah mempersiapkan tahapan-tahapan yang proses rekrutmen tersebut. “Untuk pelaksanan pendaftarannya pada 31 Mei hingga 21 Juni 2021 ini, targetnya di tahun anggaran 2021 sudah rampung,” terang dia.

Pada Januari lalu, Dinas Pendidikan Kota Batu berharap agar rekrutmen P3K guru bisa diikuti oleh guru tidak tetap (GTT). Jumlah GTT di Kota Batu sebanyak 1074 GTT. Jatah rekrutmen P3K untuk guru itu untuk ditempatkan di setiap jenjang satuan pendidikan mulai tingkat TK hingga menengah pertama. Dinas Pendidikan Kota Batu telah memasukkan semua GTT ke dalam formasi P3K. Tapi karena basis data ada di Dapodik jadi mengacu kebutuhan sesuai yang ditetapkan dalam kuota. 

Sementara itu, Kepala Bidang Data, Formasi dan Jabatan BKPSDM, Zulkarnain menyebutkan jika BKPSDM telah menganggarkan anggaran sebesar Rp 600 juta bersumber dari APBD 2021. Nilai itu disiapkan untuk menyambut pelaksanaan rekrutmen CPNS dan P3K. Namun kini, tidak ada kuota rekrutmen CPNS yang diberikan Kemenpan-RB kepada Pemkot Batu. (wok/wan)