Kilatan Cahaya di Puncak Raung Diduga Kuat Meteor Jatuh

  • Whatsapp
cahaya gunung raung
Kilatan cahaya terekam CCTV Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, Jumat malam 4 Juni 2021. (istimewa)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – BANYUWANGI – Fenomena Kilatan cahaya di atas Gunung Raung terekam jelas kamera pemantau CCTV Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, Jumat malam 4 Juni 2021. 

Tak hanya itu, sesaat setelah kemunculan fenomena aneh tersebut, warga memdengar suara dentuman dari arah langit. 

Baca Juga

BACA JUGA: Heboh Fenomena Kilatan Cahaya di Atas Gunung Raung

Berdasarkan hasil analisa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Pasuruan, fenomena aneh tersebut berasal dari meteor yang jatuh. 

“Analisa awal, tampaknya itu benar meteor  besar yg menerangi awan rendah  di arah Gunung,” kata Kepala Balai LAPAN Pasuruan, Dian Yudha Risdianto, saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu 5 Juni 2021.

Menurut Yudha, dari citra satelit Himawari memang tidak terekam fenomena kilatan cahaya meteor tersebut. Namun berdasarkan ciri-ciri dari kilatan cahaya yang terekam CCTV PPGA Raung bisa disimpulkan itu adalah meteor yang jatuh.

“Dari citra Himawari memang ada cahaya warna putih. Tapi itu bukan dari meteor, melainkan dari cahaya matahari yang masih terlihat dari awan tinggi,” ungkapnya. 

“Namun kalau kita lihat dari rekaman CCTV PPGA Raung, itu besar kemungkinannya meteor yang menyinari awan-awan rendah dari ketinggian sekitar 6 km yang tidak tampak pada citra awan tinggi di atas 10 km,” jelasnya.

Apalagi, berdasarkan laporan yang ada warga mendengar suara dentuman sesaat setelah fenomena tersebut muncul. “Kesimpulan kita itu benar meteor. Hanya saja tidak jatuh tepat di Gunung Raung. Hanya nampak seperti mengarah ke Raung,” ungkapnya.

BACA JUGA: Ada Kilatan Cahaya Bergerak di Atas Merapi Terekam CCTV, Diduga Lintang Alihan

Sejauh ini, tambah Yudha, belum ada laporan terkait meteor yang jatuh hingga ke bumi. Kemungkinan besar meteor tersebut habis terbakar saat memasuki atmosfer. 

“Kalau informasi jatuhnya, kita tidak tahu. Masih belum ada laporan. Mungkin terbakar habis saat di atmosfer,” tutupnya. (ozi/lna)