Kerumunan Massa Pendukung Terhalau Hadiri Acara Undian Nomor Urut Pilkada Situbondo

  • Whatsapp
Massa berpencar di sejumlah titik karena tidak bisa mendekati lokasi pengundian nomor urut Pilkada Situbondo. (nusadaily.com/Sutrisno)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – SITUBONDO – Kerumunan massa tidak sampai terjadi dalam acara pengundian nomor urut pasangan Cabup-Cawabup Situbondo yang berlangsung di Gedung Baluran, Kamis 24 September 2020.

Petugas menghalangi massa pendukung kandidat agar tidak sampai ke lokasi kegiatan, karena memang dilarang terjadi kerumunan ditengah pandemi COVID-19.

Baca Juga

BACA JUGA: Pilkada Situbondo: Ajang ‘Duel’ Eks Birokrat Rumpun Pekerjaan Umum

Massa tampak terpencar-pencar di sejumlah titik. Kendati sudah persiapan untuk melihat hasil pengundian nomor urut kandidat yang didukung, namun pengamanan ketat menghalangi niat mereka.

“Sesuai dengan aturan di tengah pandemi ini, maka masyarakat diminta untuk mematuhi protokol kesehatan selama tahapan Pilkada serentak ini,” terang Ketua Bawaslu Situbondo, Murtapik.

Sebelum ini, Bawaslu sudah menyampaikan ketentuan yang berlaku melalui masing-masing liaison officer (LO), partai pengusung, serta pasangan calon.

Murtapik menjelaskan, semua pihak telah berkomitmen bersama-sama menaati upaya pencegahan wabah COVID-19 meskipun sedang menjalani tahapan Pilkada.

Ketua KPU Kabupaten Situbondo Marwoto alias Totok juga mengingatkan kepada pasangan Karna Suswandi – Nyai Hj Khoirani (Karunia) maupun Yoyok Mulyadi-Abu Bakar Abdi (Mulya Abadi) agar mematuhi ketentuan dari pemerintah.

“Kami berharap pada situasi pandemi kesadaran kolektif kedua pasangan calon untuk menjaga dan patuh terhadap protokol kesehatan,” kata Totok.

Menurut dia, perilaku bakal calon akan menjadi panutan bagi masyarakat, terutama yang sedang mendukung mereka diajang kontestasi politik kali ini.

Hasil undian nomor urut Pilkada Situbondo. (nusadaily.com/Sutrisno)

“Kami titipkan kepada kedua pasangan calon bersama tim suksesnya agar mengutamakan kepentingan rakyat kabupaten Situbondo,” ucap Totok.

Selanjutnya, pengundian menghasilkan pasangan ‘Karunia’ mendapatkan nomor satu (1), sedangkan rivalnya ‘Mulya Abadi’ memperoleh nomor dua (2).

Saat acara berlangsung, ratusan personel gabungan disiagakan untuk berjaga di sejumlah titik dan secara ketat menerapkan protokol kesehatan.(sut)