Kelompok Tani Rindu Sejahtera Kupang Sukseskan Program TJPS

  • Whatsapp
banner 468x60

NUSADAILY.COM – KUPANG – Kelompok Tani Rindu Sejahtera Desa  Noelbaki Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang  siap menyukseskan Program Tanam Jagung Panen Sapi ( TJPS). Program yang dicanangkan Gubernur Nusa Tenggara Timur Victor B. Laiskodat ini mengemuka pada pertemuan Camat Kupang Tengah, Ridolf Talan bersama Nusadaily.com, Selasa (21/7) via seluler.

Pertemuan juga dilakukan dengan kelompok tani wilayah kecamatan Kupang Tengah, Senin (20/7) dihadiri perwakilan Dinas Pertanian. Suasana dialog bersama pengurus membahas pemanfaatan lahan sekitar pertamina Noelbaki seluas 4 sampai 5 hektar itu memperhatikan protokol kesehatan. “Intinya kelompok tani rindu sejahtera siap sukseskan  program itu,” tutur pria kelahiran Kabupaten Timor Tengah Selatan ini.

"
"

Baca Juga

"
"

Lebih lanjut dikatakan, pengurus setuju memberikan lahannya untuk menanam jagung. “Syukur ada kesepakatan bersama pengurus yakni  lahan mereka  diberikan  untuk ditanami jagung,” tuturnya.

Dia mengatakan  ada masalah air. Tapi mereka tidak mau mengebor melainkan memaksimalkan sumur bor yang sudah ada dengann menggunakan alat lebih baik, misalnya mesin pompa air harus menggunakan diesel bahan bakar solar. Pemasangan instalasi yang memadai untuk bisa menjangkau lahan di pinggir jalan timor raya karena sumber mata air ada di wilayah Dendeng. 


Lebih lanjut dikatakan, prinsipnya mereka  mau kerja sehingga berani turun ketemu masyarakat. “Saya tidak mau dianggap ABS,” tegasnya. 

Ditambahkan, Camat hanya menjembatani kepentingan masyarakat dengan Dinas Pertanian sebagai pelaksana teknis.

Dia mengaku, persoalan air bukan saja petani di  kecamatan Kupang Tengah. Hal itu karena dua tahun terakhir ini intensitas hujan tidak banyak sehingga dirinya sepakat dengan pengurus kelompok tani untuk bisa maksimalkan sumur bor yang ada dengan menambah kualitas dan daya mesin pompa.
“Kita sudah sepakat untuk benahi fasilitas,” tuturnya. (soy/wan)

Post Terkait

banner 468x60