Kawal UMKM Naik Kelas, Sahabat Ali dan Laskar Sholawat Gelar Pelatihan

  • Whatsapp
umkm banyuwangi
Sahabat Ali bersama Laskar Sholawat Nusantara menggandeng Balai Latihan Kerja (BLK) Banyuwangi dan Situbondo untuk menggelar pelatihan soft skill. (istimewa)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – BANYUWANGI – Sahabat Ali bersama Laskar Sholawat Nusantara menggandeng Balai Latihan Kerja (BLK) Banyuwangi dan Situbondo untuk menggelar pelatihan soft skill terhadap angkatan kerja di Kecamatan Muncar, Senin 1 Maret 2021. 

Kegiatan ini dalam rangka menciptakan lapangan pekerjaan baru sekaligus mendukung program UMKM Naik Kelas yang dicanangkan Bupati Ipuk Fiestiandani Azwar Anas. 

Baca Juga

“Ini berawal dari aspirasi sahabat ali kepada Gus Fawaid, Ketua Komisi C DPRD Jatim sekaligus Presiden Laskar Sholawat Nusantara untuk memberikan pelatihan terhadap angkatan kerja di Kecamatan Muncar,” kata Anggota Fraksi Nasdem DPRD Banyuwangi, Ali Mustofa.

BACA JUGA: Relawan Ipuk-Sugirah ‘Sahabat Ali’ Berbagi Kursi Roda di Hari Disabilitas Internasional

Tujuannya tidak lain untuk menciptakan angkatan kerja dengan SDM unggul, berkarakter, serta berdaya saing. Sehingga dapat menciptakan lapangan kerja baru serta mengurangi angka penangguran dan kemiskinan. 

Pelatihan ini, kata Ali, sekaligus untuk mendukung program UMKM Naik Kelas yang dicanangkan oleh Ipuk – Sugirah. Sehingga, produk-produk UMKM Banyuwangi diharapkan memiliki daya saing hingga ke pasar internasional.

“Pelatihan semacam ini juga matching dengan program UMKM Naik Kelas yang dicanangkan Bu Ipuk dan Pak Sugirah. Kita menyiapkan SDM-SDM unggul untuk menyongsong program tersebut,” imbuhnya.

Ke depan, program pelatihan ini akan menyasar seluruh kecamatan dan desa di Banyuwangi. Harapannya, setiap desa memiliki produk UMKM unggulan sesuai dengan potensi masing-masing.

“Untuk saat ini, kita sasar Kecamatan Muncar terlebih dahulu, yakni di Desa Kedungrejo dan Tapanrejo. Ini kita jadikan pilot project terlebih dahulu mengingat Kecamatan Muncar memiliki penduduk terpadat yang mencapai 130 ribu jiwa. Selanjutnya kita sasar seluruh kecamatan dan desa se – Banyuwangi,” tegasnya.

BACA JUGA: Ke Kantor Dispendik Banyuwangi, Bupati Ipuk Instruksikan Fasilitas Ramah Disabilitas

Sementara Kepala UPT BLK Banyuwangi, Rusman menyampaikan, program ini juga selaras dengan prioritas pembangunan yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. Dimana, pembangunan saat ini difokuskan pada pembangunan SDM yang memiliki kualitas dan daya saing.

“Selain pembangunan infrastruktur, pembangunan SDM yang unggul ini menjadi prioritas pemerintah pusat. Tentu pelatihan-pelatihan semacam ini sangat dibutuhkan untuk mencetak angkatan kerja yang bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk kesejahteraannya,” kata Rusman. (ozi/lna)