Kawah Ijen Ditutup 4 Hari, Tak ada Perayaan Tahun Baru

  • Whatsapp
Kawah Ijen (Fb Kawah Ijen)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – BANYUWANGI – Destinasi wisata Kawah Ijen di Banyuwangi akan ditutup selama empat hari. Hal itu membuat wisatawan tidak bisa merayakan tahun baru di sana.

Kawah Ijen menjadi salah satu destinasi favorit untuk merayakan Tahun Baru. Sayangnya, untuk Tahun Baru 2021 kali ini dipastikan tidak akan ada perayaan di destinasi yang terkenal dengan blue fire-nya tersebut.

Baca Juga

Hal ini menyusul diterbitkannya Surat Edaran Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur Nomor 1569/K.2/BIDTEK.1/KSA/12/2020 tentang Penutupan Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen.

BACA JUGA: Liburan ke Bromo Wajib Serahkan Hasil Rapid Test Antigen

Dalam SE tersebut TWA Kawah Ijen akan ditutup sementara mulai tanggal 31 Desember 2020 hingga tanggal 3 Januari 2021. Penutupan TWA Kawah Ijen merupakan upaya mendukung kebijakan pemerintah guna mencegah penyebaran COVID-19 selama masa libur menyambut Tahun Baru 2021.

“Benar. Sudah terbit surat edaran dari BBKSDA Jawa Timur untuk menutup sementara TWA Kawah Ijen,” kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah V BBKSDA Jawa Timur Purwantono saat dikonfirmasi Nusadaily.com melalui telepon seluler, Rabu 30 Desember 2020.

Penutupan TWA Ijen, kata Purwantono, sudah disosialisasikan melalui website resmi BBKSDA. Termasuk juga kepada para pelaku wisata yang sehari-hari mengais rezeki di kawasan tersebut.

BACA JUGA: Dahsyat!!! Libas Ribuan Desa se-Indonesia, Sekapuk Gresik Juara 1 Desa Brilian 2020

“Sudah kita sosialiasikan baik kepada pengunjung maupun pelaku wisata. Kita beri pengertian ini adalah upaya yang terbaik untuk menekan laju penyebaran Covid-19,” imbuhnya.

Menurut Purwantono, kunjungan TWA Kawah Ijen akan dibuka kembali tanggal 4 Januari 2021 dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Pemesanan tiket untuk tanggal 4 Januari 2021 dan seterusnya dapat dipesan secara online.

“Bagi yang sudah pesan tiket tanggal 31 Desember sampai 3 Januari tidak ada masalah. Kan pembayaran belum dilakukan. Itu hanya pemesan saja. Untuk pembayaran saat mau pendakian di lokasi,” sebutnya.

Seperti diketahui, guna menekan penularan virus corona (Covid-19) saat liburan tahun baru 2021, seluruh destinasi wisata di Banyuwangi ditutup, termasuk TWA Kawah Ijen. 

Selain menutup destinasi wisata, juga diberlakukan pembatasan jam operasional kafe dan restoran. Termasuk juga akan dilakukan pembubaran kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

Kebijakan Kawah Ijen ditutup tersebut dituangkan dalam Surat Edaran Satgas Covid-19 tentang pengendalian kegiatan masyarakat dalam rangka pencegahan covid 19 pada masa liburan tahun baru 2021. (ozi/kal)