Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaRegionalKapolri Minta Pemerintah Daerah Sediakan Tempat Karantina Atlet Kontingen PON

Kapolri Minta Pemerintah Daerah Sediakan Tempat Karantina Atlet Kontingen PON

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – BANYUWANGIKapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo meminta pemerintah daerah agar menyediakan tempat karantina seluruh atlet dan official yang mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. 

Hal ini penting dilakukan, untuk mencegah adanya potensi klaster baru dari kontingen yang baru pulang dari PON Papua

“Kemarin kita sudah melaksanakan kegiatan PON di Papua. Dan pada tanggal 15 akan ditutup. Ini ada potensi klaster baru, ketika mereka pulang ke daerah masing-masing,” kata Jendral Listyo saat mengunjungi Serbuan Vaksinasi Maritim, Kamis (14/10).

Oleh sebab itulah, Listyo meminta kepada seluruh kepala daerah agar memastikan para kontingen tersebut dikarantina terlebih dahulu sebelum kembali ke rumahnya masing-masing. 

“Termasuk Banyuwangi yang mungkin ada atlet atau officialnya yang mengikuti PON. Saat tiba harus dikarantina dulu. Juga dites untuk memastikan mereka benar-benar sehat dan bebas Covid-19. Sehingga mereka bisa kembali ke keluarganya dan membaur dengan masyarakat dengan aman,” imbuhnya.

Selain mewaspadai munculnya klaster PON, Kapolri juga meminta pemerintah daerah agar mewaspadai potensi penularan Covid-19 seiring dengan dibukanya kran pariwisata di Indonesia. 

Di Banyuwangi dan Bali Bakal Ada Event Internasional

“Di Bali dan Banyuwangi habis ini kan ada event-event internasional. Jangan sampai kelonggaran yang ada ini justru jadi bomerang akan ledakan Covid-19 lagi. Ini tetap harus diwaspadai dan dijaga betul,” tutupnya.

Sementara itu Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas mengaku Pemkab Banyuwangi telah menyiapkan Gedung Diklat PNS Licin untuk karantina official dan atlet PON yang telah berjuang mengharumkan nama Jawa Timur di Papua. Saat ini, gedung yang menjadi lokasi karantina terpusat di Banyuwangi itu sedang kosong.

Tentu Gedung Diklat PNS Licin bisa kita manfaatkan dengan baik untuk karantina official dan atlet PON. Kami sudah siapkan,” tambahnya.

Selanjutnya, untuk mengantisipasi adanya pembukaan Bali untuk turis mancanegara, Ipuk mengaku pihaknya terus mengoptimalkan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat.

“Tentu kami tidak akan lengah. Kegiatan vaksinasi akan kita lakukan terus secara masif. Selain itu upaya mengajak masyarakat dengan protokol kesehatan tetap kita lakukan dengan maksimal. Sehingga tidak lagi ada penambahan kasus positif COVID-19,” pungkasnya. (ozi/aka)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA KHUSUS

@nusadaily.com

Akhir-akhir ini Kota Malang panas banget nih, ngadem dulu yuk🍦🍦 ##tiktoktaiment

♬ Happy Ukulele - VensAdamsAudio

LIFESTYLE

Permudah Penanganan Pasien Narkoba, Ashefa Siap Buka Cabang Lagi

0
NUSADAILY.COM - JAKARTA - Manajemen Ashefa Griya Pusaka siap membuka cabang di sejumlah wilayah di Indonesia guna memudahkan penanganan pasien ketergantungan narkoba. BACA JUGA :...