Kantor DPRD Dilempari Petasan dan Batu oleh Pendemo Tolak UU Cipta Kerja Jember

  • Whatsapp
dprd jember
Aksi demontrasi tolak UU Cipta Kerja di DPRD Jember. (Portal Jember)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JEMBER – Aksi demonstrasi menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja di bundaran DPRD Jember berlangsung ricuh, Kamis (22/10/2020). Aksi kali ini merupakan gabungan dari berbagai elemen mahasiswa, di antaranya organisasi BEM di seluruh kampus, organisasi ekstra kampus seperti PMII, GMNI, HMI, IMM, LMND. Mereka menolak pengesahan UU Cipta Kerja.

Demonstran melempari kantor DPRD dengan batu dan petasan.  Pantauan di lokasi, kericuhan bermula saat demonstran menarik pagar kawat yang menghalangi mereka. Massa kemudian membakar replika jenazah di tengah kerumunan.

Baca Juga

BACA JUGA: Lima Perwakilan Buruh Diterima di Istana, Demo Berakhir Damai

Demonstran sempat mundur, setelah itu terdengar bunyi ledakan berupa petasan. Para pedemo kemudian melempari kaca DPRD dengan batu hingga pecah.

Bahkan, demonstran juga melepaskan kembang api yang diarahkan ke kantor dewan. Bunyi ledakan terdengar berkali-kali. Tak hanya gedung DPRD, pedemo juga melempari polisi yang berjaga dengan batu.

Polisi hampir terpancing emosi, tetapi akhirnya bisa mengendalikan diri.

“Kami melihat dengan mata kepala sendiri kantor kami dilempari batu berkali-kali,” kata Ketua Komisi C DPRD Jember David Handoko Seto yang berada di dalam gedung dewan.

Padahal, kata dia, kaca di gedung legislatif tersebut baru diganti setelah pecah dilempar pada demonstrasi sebelumnya.  David tak mengetahui pasti penyebab kericuhan.

BACA JUGA: AJI Jember Tolak Omnibus Law Ciptaker, Ancam Demokrasi dan Lemahkan Buruh

Para mahasiswa juga tidak meminta ditemui dan berdialog dengan pimpinan DPRD Jember.

Sementara itu, anggota Bimas Polres Jember Aiptu Purnama terus memberikan pemahaman melalui pengeras suara agar demonstran tidak bertindak anarkistis.

“Kami minta adek-adek mahasiswa agar tidak anarkis,” ucap dia.

Dia juga meminta demonstran untuk membubarkan diri karena waktu menyampaikan aspirasi sudah selesai.

BACA JUGA: Demo Ribuan Mahasiswa Jember Berujung Rusuh di Gedung DPRD

Diberitakan sebelumnya, massa dari mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Jember Menggugat (AMJ) kembali menggelar aksi demonstrasi di bundaran DPRD Jember, Kamis (22/10/2020).(sut/han)

Post Terkait

banner 468x60