Jelang Ramadan, Harga Daging Ayam di Magetan Merangkak Naik

  • Whatsapp
ayam magetan
Pedagang ayam di pasar sayur kabupaten Magetan. (istimewa)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MAGETAN – Sepekan jelang ramadan, harga daging ayam di sejumlah pasar Kabupaten Magetan naik. Kenaikan terjadi sejak awal bulan ini. Kenaikan juga dipicu stok ayam yang sedikit akibat sebelumnya harga DOC dan pakan naik.

Dikatakan Sunarti salah satu pedagang ayam pedaging di pasar sayur Magetan, kenaikan terjadi pada awal bulan hingga hari ini. Kenaikan antara Rp9000 hingga Rp10.000 per kilogramnya.

Baca Juga

BACA JUGA: Harga Bahan Pokok di Pontianak Stabil Menjelang Ramadan

”Bulan lalu harga ayam diharga terendah Rp26.000 per kilogram. Naik terus hari ini sudah di harga Rp36.000 naik Rp10.000 perkilo, ” terangnya kepada nusadaily.com, Kamis (08/04/2021).

Selain jelang ramadhan, lajutnya, kenaikan dipicu oleh harga DOC dan pakan pabrikan. Peternak memilih mengosongkan kandang mereka, akibatnya stok ayam menipis.

BACA JUGA: Harga Pakan Pabrikan Naik Lagi, Peternak Ayam Petelur Magetan Terancam Gulung Tikar

”Otomatis harga daging ayam naik, dan kemungkinan masih akan terus naik saat ramadhan dan lebaran nanti, ” katanya.

Dampak naiknya daging ayam juga mempengaruhi jumlah penjualan. Konsumen pilih menurangi jumlah pembelianya. Pedagang yang biasa menghabiskan 150 ekor saat ini hanya dapat menjual 75 ekor saja per hari.

Beruntung kenaikan harga daging ayam di Kabupaten Magetan tidak dikuti oleh harga daging sapi. Harga daging sapi tetap dan stabil diangka Rp120.000 per kilogramnya. (nto/lna)