Jamin Keamanan di Sektor Pariwisata, Polres Batu dan PHRI Berkolaborasi

  • Whatsapp
Kapolres Batu, AKBP Catur Cahyono Wibowo dan Ketua PHRI Kota Batu, Sujud Hariadi melakukan penandatanganan nota kesepahaman peluncuran 1000 mata dalam rangka menjaga kamtibmas di Kota Batu.
Kapolres Batu, AKBP Catur Cahyono Wibowo dan Ketua PHRI Kota Batu, Sujud Hariadi melakukan penandatanganan nota kesepahaman peluncuran 1000 mata dalam rangka menjaga kamtibmas di Kota Batu.
banner 468x60

NUSADAILY.COM-KOTA BATU– Polres Batu meluncurkan 1000 pasang mata (CCTV) untuk memantau setiap sudut Kota Batu untuk menekan potensi munculnya gangguan kamtibmas. Polres juga jalin kerjasama dengan PHRI Kota Batu untuk menjamin keamanan sektor wisata. 

Inovasi ini akan memanfaatkan kamera CCTV milik hotel maupun restoran di Kota Batu. Utamanya kamera CCTV yang menghadap ke jalan-jalan raya. Fitur 1000 mata ini melekat pada Aplikasi Jelajah Kota Batu (Apel Batu) yang diluncurkan pihak polres. Maka dari itu, Polres Batu menjalin kerja sama dengan PHRI Kota Batu yang dituangkan dalam nota kesepahaman. Pelaksanaan kerja sama juga dihadiri Dinas Pariwisata Kota Batu.

Baca Juga

Kapolres Batu, AKBP Catur Cahyono Wibowo mengatakan, kamera-kamera tiap hotel maupun restoran akan diintegrasikan pada sistem 1000 mata yang akan dikontrol dari ruang Command Center.

Gedung Command Center yang masih dalam tahap pembangunan akan ditempatkan di dekat pintu masuk Mapolres Batu. Di ruang itu nantinya akan dilengkapi ruang digital, ruang data, CCTV dan operator 110. 

“Ini bentuk meningkatkan pelayanan publik dalam menjamin keamanan Kota Batu sebagai daerah tujuan wisata. Serta membantu tugas kepolisian untuk mempercepat penindakan jika terjadi aksi kejahatan,” papar Catur dilansir Nusadaily.com.

Layanan itu juga untuk mewujudkan capaian predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Sehingga, Polres Batu sebagai bagian pelayanan publik ingin memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat maupun wisatawan.

“Kami sebagai bagian pelayan publik juga akan menyajikan informasi wisata lewat aplikasi Apel Batu,” imbuh dia.

Sementara itu, Ketua PHRI Kota Batu, Sujud Hariadi mengatakan langkah yang dilaksanakan Polres Batu ini sebagai bentuk jaminan rasa aman dan nyaman kepada wisatawan. 

Menurutnya sebagai destinasi wisata, terciptanya rasa aman memiliki korelasi yang erat dengan peningkatan kunjungan wisatawan. Sehingga PHRI mendukung pelaksanaan 1000 mata pasang Polres Batu.

“Wisatawan butuh keamanan dan kenyamanan. Kamtibmas sangat penting bagi Kota Batu sebagai kota wisata,” ujar dia.

Kepala Disparta Kota Batu, Arief As Siddiq menyambut baik kerja sama Polres Batu dan PHRI yang menunjang industri pariwisata dari sisi keamanan. “Sehingga bisa meningkatkan kepercayaan wisatawan berkunjung ke Kota Batu,” ujar Arief. (wok/wan)