Jaga Keutuhan NKRI, ‘Koalisi’ Gus-Gus Kabupaten Pasuruan Deklarasikan Petanesia

  • Whatsapp
Para ulama dan tokoh masyarakat mendeklarasikan Petanesia Kabupaten Pasuruan
banner 468x60

NUSADAILY.COM – PASURUAN – Lunturnya semangat nasionalisme menjadi salah satu potensi ancaman disintegrasi bangsa. Untuk membangun kemerdekaan yang telah dirintis para pendiri bangsa serta menghidupkan kembali nasionalisme yang kokoh dan kuat, dibentuklah Ormas Petanesia (Pencinta Tanah Air Indonesia).

Petanesia ini didirikan ulama kharismatik Maulana al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya pada 12 November 2018. Ormas yang bersifat kebangsaan, kebhinnekaan, dan pengabdian sosial berkantor pusat di Pekalongan, Jateng.

Di Kabupaten Pasuruan, ‘koalisi’ gus-gus pengasuh pondok pesantren menyatakan kebulatan dan mendeklarasikan Petanesia. Sejumlah politisi, tokoh masyarakat dari lintas agama juga bergabung didalamnya.

Pada kepengurusan Dewan Fatwa Petanesia terdapat nama-nama yang diantaranya KH Sholeh Bahruddin, Gus Suadi Abu Amar, Mas Cholil Nawawi Abdul Jalil, Syaifullah Damanhuri (politisi PPP). Sedangkan kepengurusan Pimpinan Cabang diantaranya Rusdi Sutedjo (politisi Gerindra) Lujeng Sudarto (aktivis NGO).

Ketua DPC Petanesia Kabupaten Pasuruan, Ifdholus Syarief (Gus Ifdhol) menyatakan apresiasinya atas kesediaan para ulama, politisi dan tokoh masyarakat bergabung didalam ormas kebangsaan tersebut. Organisasi sosial ini bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta tanah air Indonesia, meningkatkan toleransi demi mempertahankan keutuhan NKRI.

“Petanesia akan berperan aktif dalam pembangunan nasional demi terwujudnya cita-cita kemerdekaan Indonesia. Membangun sumber daya manusia yang relegius, berbudaya dan mengusai teknologi untuk kemaslahatan serta memelihara dan menjaga nilai-nilai keragaman budaya dan sejarah bangsa,” kata Gus Ifdhol saat taaruf kepengurusan di Ponpes Al-Ikhlas, Pekoren Rembang.

Menurutnya, keberagaman dan semangat kebangsaan yang diusung, akan memudahkan gerakan dan peran aktifnya di masyarakat. Selain kegiatan yang bersifat bela negara dan cinta tanah air Indonesia, adalah dengan memberikan keteladanan dalam hidup bermasyarakat dalam bingkai kebhinnekaan untukmenumbuhkan kesadaran rasa tanggung jawab dan rasa kebersamaan. (oni/kal)