Izin Belajar Terganjal Perbup Kedaluarsa, Ribuan Bidan Terancam Gagal Praktik

  • Whatsapp
Rapat dengar pendapat tentang izin belajar bidan terganjal Perbup Pasuruan yang kedaluwarsa. (foto: oni/nusadaily.com)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – PASURUAN – Sedikitnya 1.200 bidan di Kabupaten Pasuruan terancam gagal praktik dan tidak bisa melayani kesehatan masyarakat. Ini karena para bidan yang hanya berijazah D3 tidak bisa mengajukan izin belajar menempuh pendidikan profesi.

"
"

Baca Juga

"
"

Sementara proses pengajuan izin belajar untuk menempuh pendidikan profesi, ribuan bidan tersebut terganjal administrasi. Penyebabnya, Peraturan Bupati (Perbup) Pasuruan No 39 tahun 2015 tentang izin dan tugas belajar bagi PNS ternyata sudah kedaluarsa.

Selain itu, Perda No 9 tahun 2016 yang menjadi landasan izin dan penyelenggaraan praktek bidan juga kedaluarsa. Karena pemerintah telah mengeluarkan aturan terbaru yakni UU No 4 tahun 2019 tentang kebidanan.

“Saat ini izin praktek bidan masih diperbolehkan strata D3. Tetapi pada tahun 2025, izin praktek bidan harus lukis pendidikan profesi. Jumlah bidan yang berpendidikan D3 mencapai 1.200 orang,” kata Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Pasuruan, Sri Sudarti.

Menurutnya, penyesuaian untuk melanjutkan pendidikan profesi ini mutlak harus dilakukan terhadap seluruh bidan. Jika tidak, pada tahun 2025 mendatang, izin praktek bidan yang belum menempuh pendidikan profesi akan dicabut.

“Peningkatan ketrampilan para bidan dan penyesuaian pendidikan profesi harus dilakukan. Ini menyangkut izin praktek dan penanganan kesehatan masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Pasuruan, Kasiman, menyatakan bahwa Pemkab Pasuruan secepatnya merevisi Perbup tentang izin tugas belajar PNS yang kedaluarsa. Pemkab tidak perlu membuat Perda baru tentang kebidanan karena membutuhkan waktu yang panjang.

“Perbup izin belajar bagi PNS harus segera direvisi. Sisa waktu 5 tahun akan akan mencukupi bagi ribuan bidan menempuh pendidikan profesi,” kata Kasiman. (oni/aka)

Post Terkait

banner 468x60