Iuran Rp500 Ribu untuk Ucapan Tali Asih ke Mantan Bupati Jember Beredar, Camat Ini Klarifikasi

  • Whatsapp
Susana rapat pejabat di Kantor Pemkab Jember. (nusadaily.com/ Sutrisno)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JEMBER – Tangkapan layar percakapan dalam grup Camat se-Kabupaten Jember menjadi santapan publik dalam beberapa hari terakhir. Sebab, kehebohan dipicu pesan yang berisi kesepakatan para camat agar urunan uang dan juga menyebutnyebut nama mantan Bupati Jember, Faida.

‘Ass ww. Mohon ijin…. Berdasarkan hasil musyawarah utk ucapan dan taliasih utk ibu faida masing2 disepakati sebesar Rp500 rb. Kontribusinya dikirim paling lambat tanggal 25 Peb 2021 ke rekening sbgmn dibawah ini. Trmksh’. Demikian kalimat salah satu tangkapan layar yang beredar.

Camat Ajung, Slamet Wijoko dan Camat Ambulu, Sutarman disebut-sebut sebagai koordinator tempat mengumpulkan uang yang rencananya dimintakan kepada 31 camat se-Jember. Sutarman enggan bicara, namun Slamet menyampaikan klarifikasi, Kamis 25 Pebruari 2021.

Slamet mengakui memang beberapa waktu lalu, para camat berkumpul untuk membahas iuran bersama. Namun, dia menyesalkan percakapan grup sampai menyebar, sehingga disalahpahami.

Berbagai pihak menganggap camat-camat akan memberi uang ke Faida. Menurut Slamet, iuran bukan ditujukan untuk hal yang demikian maupun memberi barang kenag-kenangan, karena Faida dianggapnya tentu lebih kaya harta.

“Nguyahi segoro (menggarami laut). Camat loh, seberapa uangnya dibandingkan bupati?,” ucapnya diselingi dengan kalimat kiasan.

Dia mengaku tidak semua camat membayar iuran. Uang yang sudah terkumpul dari sebagian camat, namun dia enggan menyebut nominalya.

Belakangan, lanjut Slamet, uangnya akan digunakan untuk membayar iklan ke sebuah koran lokal. “Satu halaman ucapan terima kasih kepada Bu Faida dan Kyai Muqit yang sudah purna tugas dan sekaligus mengucapkan selamat pelantikan Bupati dan Wakil Bupati baru Pak Hendy dan Gus Firjaun,” jelasnya. (sut/aka)