Ipuk – Sugirah Resmi Dilantik, Seniman Banyuwangi Penuhi Nazar Cukur Gundul

  • Whatsapp
ipuk banyuwangi
Seniman Banyuwangi Penuhi Nazar Cukur Gundul di Hari Pelantikan Ipuk - Sugirah. (istimewa)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – BANYUWANGI – Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dan Sugirah resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi periode 2021-2026. Pelantikan pemimpin baru Bumi Blambangan ini disambut gembira oleh kalangan seniman. 

Mereka merayakan pelantikan Ipuk – Sugirah dengan cara mencukur gundul habis rambutnya. Prosesi cukur gundul ini dilakukan di Langgar Art Banyuwangi, Jumat 26 Februari 2021.

Baca Juga

“Ini adalah nazar kami, jika Ipuk – Sugirah menang dan dilantik kita cukur gundul rambut. Karena hari ini sudah resmi dilantik, kami penuhi nazar tersebut,” kata Abdul Aziz, salah satu seniman lukis Banyuwangi.

BACA JUGA: Tanpa Dihadiri Sang Rival, Ipuk – Sugirah Ditetapkan Jadi Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Terpilih

Nazar tersebut, kata Aziz, bukan tanpa alasan. Seniman Banyuwangi memiliki ekspektasi besar terhadap duet Ipuk – Sugirah untuk memajukan seni budaya di Kota Gandrung.

“Program yang dicanangkan Bupati Anas sudah baik. Namun masih banyak konsep yang belum di selesaikan. Di tangan Bu Ipuk dan Pak Sugirah, kami yakin apa yang sudah dicanangkan Bupati Anas akan tergarap secara tuntas,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan seniman lainnya, Windu Pamor. “Kami para seniman Banyuwangi mengucapkan selamat kepada Bu Ipuk dan Pak Sugirah yang sudah resmi dilantik untuk memimpin Banyuwangi 5 tahun ke depan,” ucapnya.

Menurut Windu, selain untuk memenuhi nazar, aksi cukur gundul ini juga memiliki nilai filosifi. “Ini berarti titik nol atau awal Bu Ipuk dan Pak Sugirah mengemban amanah untuk memimpin rakyat Banyuwangi,” katanya.

Selain aksi gundul cukur, kata Windu, pihaknya juga akan membuatkan karya lukisan bertemakan ‘the sunrise of Java’ yang berarti matahari terbit dari ujung Timur Pulau Jawa. 

BACA JUGA: Usai Dilantik, Ipuk – Sugirah Bakal Sering Ngantor di Desa

“Ini memiliki makna Sinar dari Banyuwangi akan menyinari Nusantara hingga mancanegara,” ungkap Windu.

Lukisan tersebut akan dihibahkan kepada museum Banyuwangi sebagai pertanda awal pemerintahan Ipuk – Sugirah. “Tidak akan kita lelang, tapi akan kita hibahkan ke museum Blambangan,” tutupnya. (ozi/lna)