HUT ke-107 Kota Malang, Wali Kota Batu: Momen Penting Makin Kuatkan Sinergitas Malang Raya

  • Whatsapp
dewanti rumpoko
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko dan Wakil Wali Kota, Punjul Santoso mengucapkan HUT ke-107 Kota Malang
banner 468x60

NUSADAILY.COM – KOTA BATU – Kota Malang menapaki usianya yang ke-107 tahun tepat pada 1 April 2021. Ucapan selamat HUT ke-107 Kota Malang turut disampaikan Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko.

Bagi Dewanti, kiprah Kota Malang tak bisa dilepaskan begitu saja perannya dalam memajukan wilayah Malang Raya, terutama Kota Batu. Sehingga ini menjadi momen penting untuk makin menguatkan sinergitas wilayah Malang Raya.

Baca Juga

Baca Juga: Rekrutmen CPNS dan P3K, BKPSDM Kota Batu Tunggu Verifikasi BKN untuk Formasi Jabatan Non Guru

Ia menambahkan, Kota Malang juga memiliki andil dalam pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat wilayah Malang Raya. Salah satunya menunjang sektor pariwisata di Kota Batu.

Banyaknya wisatawan yang datang ke Kota Batu juga tidak lepas dari peran serta Kota Malang dan Kabupaten Malang. Tidak sedikit mahasiswa luar daerah yang kuliah ke Kota Malang lalu berlibur ke Kota Batu. Begitu juga keluarga dan relasi dari mahasiswa di Kota Malang.

Baca Juga: Tekad Zona Hijau, Dewanti Andalkan Tim Verifikasi Izin Hotel yang Buka Lagi

“Kami bertiga sepakat bahwa pembangunan di Malang Raya harus bersinergi. Melalui sinergitas yang selama ini kita jalin bersama Kota Malang, merupakan bukti penguatan dan komitmen pembangunan tiga daerah,” ujar Dewanti.

Bukan hanya berbicara soal pembangunan pariwisata dan pendidikan, dalam penanganan Pandemi Covid-19, keberadaan Kota Malang harus seleras dengan kebijakan di Kota Batu.

Baca Juga: Kota Batu Terima DBHCHT Rp 18,9 Miliar, 50 Persen untuk Kesmas

Begitu juga dengan penanganan kemacetan, pengembangan UMKM, perbaikan lingkungan hidup Kota Malang dan Kota Batu harus berada pada ‘frekwensi’ yang sama.

Karena itu, Dewanti bersama Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso mengucapkan selamat ulang tahun ke-107 Kota Malang.

Baca Juga: Carollyne Dewi, Penyanyi Indonesia ‘Cucu’ dari Kakek Sugiono

“Semoga dengan bertambahnya usia, Kota Malang semakin maju, Jaya selalu untuk Kota Malang,” ujar Wali Kota Batu Dewanti saat mengucapkan selama ulang tahun Kota Malang.

Dewanti juga menyebut bahwa sinergitas Malang Raya merupakan kebanggaan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Maka dari itu, sinergitas yang baik di Malang Raya bisa memberi dampak positif kepada masyarakat dan menjadi contoh daerah lainnya.

Baca Juga: 169 CJH Kota Batu Divaksin Covid-19

“Sebenarnya, sinergitas Malang Raya sebelum adanya kesepakatan resmi sudah terjadi dengan sendirinya. Kini sinergitas harus semakin dikuatkan,” kata Dewanti.

Malang Raya harus bersatu agar bisa maju bersama-sama. Kota Batu, kata Dewanti adalah kota kecil, namun ketika ditopang oleh Kabupaten Malang dan Kota Malang, maka akan menjadi kekuatan bersama.

Baca Juga: Dewanti: Jangan Sampai PSBB Malang Raya Diperpanjang

“Contohnya, paket wisata Malang Raya, Kota Malang kota pendidikan, Kota Batu wisatanya ada wisata buatan dan alam, Kabupaten Malang dengan pantainya, ini kami sinergikan dan buatkan paket. Dinas Pariwisata bisa menyusun teknisnya,” jelasnya.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso juga mendorong agar kerjasama Malang Raya bisa memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat. Menurut Punjul, Malang Raya memiliki catatan sejarah yang tak bisa terpisahkan sejak zaman leluhur. Maka dari itu, sinergitas harus dijaga.

“Kami tetap mendorong agar sinergitas ini saling memberikan dampak positif. Kami juga saling mengisi apa-apa yang kurang dari masing-masing daerah,” ungkapnya. (wok/adv/wan)