Hari Jadi ke-524 Kabupaten Ponorogo, Diawali dengan Istigotsah

  • Whatsapp
hari jadi ke-524 Kabupaten Ponorogo
Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni. Foto: Kominfo Ponorogo for nusadaily.com
banner 468x60

NUSADAILY.COM-PONOROGO- Peringatan hari jadi ke-524 Kabupaten Ponorogo jatuh pada Selasa (11/8/2020) dinihari pukul 00:01 WIB, disambut dengan istigotsah. Pemkab Ponorogo menggelar istigotsah di Pringgitan atau  Rumah Dinas Bupati Ponorogo, Senin malam (10 Agustus 2020).

BACA JUGA: Menjaga Tradisi Leluhur, Bupati Ponorogo Munggah Molo Pasar Legi

"
"

Baca Juga

"
"

Istigotsah tersebut sengaja digelar untuk menandai dimulainya rangkaian acara peringatan hari jadi Kabupaten Ponorogo pada tahun 2020 ini, yang mengambil tema “Membangkitkan Optimisme di Tengah Pandemi”.

Dikutip nusadaily.com dari laman media Pemkab Ponorogo www.ponorogo.go.id. Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni mengatakan, dipilihnya tema tersebut ia berharap pemerintah dan masyarakat tidak putus asa dan tetap bersemangat mencegah penularan covid-19 agar pandemi covid-19 segera berakhir di Bumi Reog Ponorogo.

“Semangat saja tidak cukup tapi juga disiplin dalam penerapan protokol kesehatan itu merupakan kunci utama mencegah penularan covid-19,” kata orang nomer satu di Ponorogo tersebut.

hari jadi ke-524  Kabupaten Ponorogo
Para pejabat Pemkab Ponorogo mengikuti istigotsah di pringgitan.
Foto: Kominfo Ponorogo for nusadaily.com

Dijelaskannya hari jadi Kabupaten Ponorogo pada tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Karena adanya pandemi global covid-19. Acara besar seperti festival reog yang biasanya digelar, pada tahun ini ditiadakan.

“Kegiatan-kegiatan yang menimbulkan kerumunan tidak kita adakan pada tahun ini,” jelasnya.

Setelah istighotsah dilanjutkan dengan ziarah ke makam adipati pertama Kabupaten Ponorogo yaitu Raden Batoro Katong. Dan Raden Hadi Mertonegoro yang merupakan Bupati ke-13 Kabupaten Ponorogo yang juga salah satu tokoh yang memindahkan pusat Pemerintahan dari kota lama ke pusat Pemerintahan sekarang ini.

“Bakda subuh, kita lanjutkan dengan ziarah ke Tegalsari, Ki Ageng Kutu, dan Demang Suryo Ngalam yang juga merupakan salah satu tokoh cikal bakal Kabupaten Ponorogo,” pungkasnya.

Rangkaian hari jadi ke-524 Kabupaten Ponorogo ini ditutup dengan sidang paripurna istimewa. Pada sidang paripurna tersebut diberikan penghargaan kepada masyarakat atas dedikasinya yang telah diberikan kepada Kabupaten Ponorogo.(nto/kominfo/cak)

Post Terkait

banner 468x60