Hari Ini Perbatasan Jatim-Jateng Ditutup bagi Pemudik, Siap-siap Putar Balik

  • Whatsapp
Foto : Jalur Jatim - Jateng Cemorosewu Magetan di tutup bagi pemudik
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MAGETAN – Resmi hari ini Kamis 6 Mei 2021 jalur perbatasan Jawa Timur dengan Jawa Tengah di Cemorosewu, Magetan dengan Cemorokandang, Karanganyar, Jawa Tengah ditutup bagi pemudik. Ratusan kendaraan terpaksa putar balik. Hanya kendaraan logistik pegangkut kebutuhan pokok yang diizinkan lewat.

Larangan mudik hari ini resmi diberlakukan serentak. Ratusan petugas gabungan diterjunkan untuk meyekat perbatasan daerah masing-masing. Penguna jalan yang keluar masuk wajib menunjukkan bebas covid 19.

Disamapiakan langsung oleh Bupati Magetan yang turun langsung bersama Kapolres, Dandim, dan Forkopimda di pos penyekatan Cemorosewu. Bahwa ini adalah bentuk antisipasi dari penyebaran dan penularan mutasi virus corona baru yang lebih mematikan.

“Kita belajar dari empat libur panjang sebelumnya, bahwa setiap libur panjang selalu ada penambahan kasus yang luar biasa, penambahannya hampir 100%,” kata Bupati Suprawoto kepada nusadaily.com, Kamis (06/05/2021).

Larangan mudik ini adalah ikhtiar pemerintah untuk melindungi masyarakat dan melindungi kita semua dari bahaya virus yang sudah nyata, lanjutnya, kita harus belajar dari India.

“Tidak ada toleransi bagi pemudik, karena ini sudah kebijakan dari pemerintah pusat. Dan kita yang di daerah harus selaras dengan itu,” jelasnya.

Lebih lanjut, Pemkab Magetan akan melakukan uji sampling terhadap para pengunjung lokasi wisata. Karena meski mudik dilarang lokasi wisata tidak ditutup agar ekonomi tidak terpuruk.

“Sebenarnya ini sulit, karena dengan pembatasan kegiatan, ekonomi juga harus jalan. Ini diharapkan untuk ditati dan dipatuhi semua masyarakat. Jika memang terpaksa ya harus mejalankan prokes betul,” pungkasnya.

Selain perbatasan Jatim – Jateng penyekatan dan penutupan juga dilakukan pada jalan jalan tikus. Seperti di Mbiting desa Gonggang Kecamatan Poncol perbatasan Wonogiri Jawa Tengah dan pada jalan tikus di Kecamatan Parang. Penyekatan ini rencananya akan digelar penuh dari hari ini Kamis tanggal 6 hingga 17 Mei 2012. (nto/kal)