Hari Guru, Anggota Komisi A DPRD Kota Malang Ajak Guru Teladani H.O.S Tjokroaminoto

  • Whatsapp
Guru H.O.S Tjokroaminoto
Anggota Komisi A DPRD Kota Malang, Gagah Soeryo Pamoekti
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Pendidikan merupakan salah satu bentuk amunisi untuk memajukan sebuah negara. Dimana, yang menjadi ujung tombaknya adalah seorang guru.

Di era teknologi seperti ini, para guru dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman dan memberikan bimbingan pendidikan kepada para siswanya.

Baca Juga

Apalagi, selama masa pandemi COVID-19, mereka dituntut untuk memahami kecanggihan teknologi, dengan memberikan pelajaran melalui daring.

Tidak hanya harus mengikuti perkembangan teknologi, Anggota Komisi A DPRD Kota Malang, Gagah Soeryo Pamoekti juga meminta para guru untuk meneladani sosok seorang guru bangsa, yakni H.O.S Tjokroaminoto.

“Saya merindukan seorang guru yang tidak berprofesi sebagai guru, tapi mampu melahirkan para pemimpin bangsa yang syarat dengan prinsip-prinsip ke-Indonesia-an yang bisa dinikmati hingga hari ini. Saya berharap,para guru memiliki kesadaran yang sama dengan sosok beliau dan negarawan lainnya,” terang Gagah.

Menurut politisi Partai NasDem ini, sosok H.OS Tjokroaminoto tidak hanya memberikan pengetahuan saja, namun juga memberikan pendidikan akhlak yang berbudi luhur.

“Pendidikan karakter sangat penting. Generasi penerus bangsa harus bisa mengendalikan diri dan jiwanya. Bukan hanya kepandaian, namun karakter yang baik mampu mencetak generasi penerus bangsa dan memberikan perubahan yang bagus bagi negara,” papar dia.

Tak hanya itu, untuk memberikan pendidikan, H.O.S Tjokroaminoto telah menetapkan empat standar pendidikan.

Pertama, menanamkan benih kemerdekaan dan benih demokrasi. Kedua, anak didik harus di tanamkan benih keberanian, keihlasan hati, kesetiaan dan kecintaan pada yang benar (haq). Ketiga, menanamkan benih spiritual yang halus, benih keutamaan budi dan perangai yang benar. Keempat, menanamkan benih kehidupan yang saleh dan sederhana.

“Berdasarkan pemikiran beliau, patut dicontoh dan diteladani oleh para guru sebagai bahan referensi untuk belajar mengajar, utamanya dalam membentuk karakter anak didiknya. Akhlak yang luhur mampu menjadikan ilmu pengetahuan lebih bermanfaat,” pungkas Gagah. (nda)

Post Terkait

banner 468x60