Hanya Media Terdaftar Bisa Liput Langsung Debat Pilbup Malang

  • Whatsapp
Media
Mahaendra Mahardika Pramudya, Komisioner KPUD Kabupaten Malang melakukan pertemuan dengan perwakilan media
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – KPUD Kabupaten Malang menunjuk media yang bisa meliput langsung debat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Malang, Jumat 30 Oktober besok. Pembatasan dilakukan sesuai PKPU 6 dan PKPU 13 tentang jumlah orang dalam penyelenggaraan pilbup 2020 di tengah pandemi Covid-19.

Orang yang bisa hadir dalam debat hanya 2 paslon, 4 anggota timses serta perwakilan  Bawaslu serta media dengan jumlah terbatas. KPU juga sudah melakukan pertemuan dengan media dan menjalin kesepakatan. 

Baca Juga

Mereka yang bisa hadir harus terdaftar di KPUD Kabupaten Malang. “ID card media disediakan KPU dengan nama dan asal media. Pihak keamanan juga memaksimalkan jika ada keluar masuk ruangan debat untuk dipastikan berapa orang, siapa orangnya, dan apa kepentingannya”, tegas Mahaendra Mahardika Pramudya, Komisioner KPUD Kabupaten Malang dilansir Nusadaily.com.

Dia menjelaskan acara diawali pembukaan sekitar pukul 18.30. Pukul 1900 sudah mulai debat dan tidak ada keluar masuk ruang paripurna.

“Pelaksanaan acara dibatasi sesuai PKPU 6 dan PKPU 13 bahwa hanya boleh 2 dari anggota tiap Paslon dan di tambah tim kampanye maksimal 4 orang. Di luar itu hanya dihadiri Bawaslu, KPU, panelis. Tim panelis tidak semua hadir supaya tidak terlalu ramai”, lanjutnya.

Debat pilbup diadakan 3 kali yakni 30 Oktober 2020, 20 November 2020, dan 1Desember 2020. Acara serta disiarkan TVRI dan beberapa radio. Posisi pers disediakan di lantai 2, diantara jeda dan live. Untuk yang tidak dapat masuk akan di share di grup media KPU terkait informasi debat.

“Penyiaran info kepada publik, ada teman teman online dan cetak. Dibatasi media mana saja yang hadir, dalam rangka mengantisipasi keselamatan, keamanan dan kesehatan”, ungkapnya.

KPUD berpesan agar jangan ada suara atau gambar keluar demi memenuhi SOP dan tidak ada yel-yel. Tujuannya hasil rekaman dan gambar bersih dari suara suara yang kemungkinan berasal dari luar, mengingat gedung yang digunakan untuk debat bukanlah studio khusus.

“Untuk Media yang tidak dapat memasuki ruang debat akan disediakan Ruangan Bamus (Badan Musyawarah) di sebelah Paripurna DPRD. Tidak lupa disediakan live streaming”, tutup Mahardika. (aje/wan)

Post Terkait

banner 468x60