Hadapi New Normal, Satpas SIM Polres Tulungagung Sediakan Screening Room

  • Whatsapp
Kapolres saat memeriksa fungsi screening room. Satpas SIM Polres Tulungagung siap hadapi new normal. (foto; nusadaily.com)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – TULUNGAGUNG – Satpas SIM Polres Tulungagung terus berbenah untuk tetap beroperasi menuju new normal, salah satunya dengan penambahan screening room yang ada di bagian depan pintu masuk Satpas SIM Polres Tulungagung.

Screening room yang mengedepankan konsep pemeriksaan suhu tubuh pemohon SIM tanpa harus bertatap muka antara petugas dan pemohon SIM ini dinilai mencerminkan keharusan untuk jaga jarak di masa pandemi ini.

Pemohon SIM sebelumnya harus melewati bilik sterilisasi, kemudian memasuki screening room, jika ada pemohon yang suhu tubuhnya di atas 37,5 derajat celcius maka secara otomatis alarm di dalam ruangan akan menyala. Selanjutnya petugas akan meminta yang bersangkutan untuk masuk ruang isolasi dan mendapatkan pemeriksaan dari tim kesehatan yang disiagakan.

Kapolres Tulungagung, AKBP Eva Guna Pandia menyampaiakan hal ini kepada Nusadaly.com yang menemuinya kemarin.

“Kita sediakan screening room yang bisa membaca suhu tubuh pengunjung secara otomatis, sehingga petugas tidak perlu mengarahkan termo gun nya ke pengunjung tapi begitu lewat screening ini langsung terbaca suhunya” ucapnya.

Pandia mengatakan, dengan diaktifkannya screening room ini, otomatis melengkapi sejumlah fasilitas penunjang protokol kesehatan yang sebelumnya sudah ada di Satpas SIM Polres Tulungagung.

Social Distancing di Ruang Pelayanan

Mulai dari bilik sterilisasi, kemudian penyediaan tempat cuci tangan dengan sabun yang layak. Lalu penerapan Physical dan Social Distancing di ruang pelayanan dan ruang tunggu. Hingga kewajiban pemohon untuk menggunakan masker serta penggunaan face shield bagi petugas kepolisian.

“Tetap kita laksanakan protokol kesehatan, mulai dari masker yang harus dikenakan pemohon, face shield yang dipakai petugas. Kemudian bilik sterilisasi hingga penerapan physical dan social distancing” jelasnya.

Tidak hanya itu saja, Pandia menjelaskan bahwa pihaknya juga memberikan pelayanan ekstra dengan menambahkan bus pelayanan SIM keliling di lokasi Satpas SIM.

Artinya ketika jam layanan kantor Satpas SIM sudah berakhir, pemohon tetap bisa mengurus aktifasi SIM mereka melalui SIM Keliling yang beroperasi dari kantor Satpas SIM.

“Silahkan yang tidak bisa mengurus di jam kerja, bisa memanfaatkan SIM keliling di lokasi yang sama” pungkasnya.(fim/aka).