H-1 Lebaran, Kapolres Malang Larang Takbir Keliling

  • Whatsapp
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Malam takbir H-1 menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H tak dapat dilakukan di Kabupaten Malang, penyebabnya tak lain sebab masih dalam masa Pandemi Covid-19. Hal ini ditegaskan langsung oleh Kapolres Malang AKBP Hendri Umar melalui peringatan kerasnya pada seluruh masyarakat yang berada di wilayahnya.

Tak hanya dari jajaran Polres Malang yang berjaga jaga supaya masyarakat patuh tak dengungkan takbir pada lebaran kali ini, Forkopimda Kabupaten Malang juga serius mengenai larangan ini dan akan memantau langsung ke lapangan serta siap menindak jika terjadi pelanggaran.

“Hal yang sama juga kita berlakukan jika ada yang menggunakan soundsystem untuk berkeliling melakukan takbiran, maka akan kita tindak tegas jika hal itu terjadi,” tandasnya hari ini, Rabu (12/5/2021).

Sebagai gantinya, Hendri meminta agar pelaksanaan takbir dilajukan di daerah masing-masing dengan pembatasan prokes Covid-19 dan pembatasan jumlah jamaah.

Kebijakan yang sama lanjut Hendri juga diberlakukan pada pelaksanaan salat Idul Fitri Kamis (13/5/2021).

Hendri meminta agar pelaksanaan salat Id benar-benar dengan aturan Prokes Covid-19.

“Silahkan dilaksanakan, tapi tetap harus sesuai Prokes Covid-19. Mulai pembatasan jumlah jamaah salat, menjaga jarak, khutbah bisa dipersingkat. Nah, Ini yang musti harus diperhatikan. Akan lebih baik jika pelaksanaan Salat Id ini dilaksanakan di desa /wilayah masing-masing,”urainya

Kebijakan tersebut, diberlakukan untuk mengantisipasi lonjakan penyebaran Covid-19.

Artinya, jangan sampai pelaksanaan sholat tersebut nantinya menjadi cluster baru penyebaran Covid -19. Menurutnya, keselamatan manusia menjadi hal paling utama. (aje/aka)