Forkopimda Sidoarjo Cek Pos Penyekatan Waru dan Gempol

  • Whatsapp
banner 468x60

NUSADAILY.COM – SIDOARJO – Forkopimda Kabupaten Sidoarjo mengecek langsung Pos Penyekatan larangan mudik hari raya idul fitri. Kali fokus pengecekan pada dua titik yaitu exit tol tambak sumur Waru dan pertigaan perbatasan Gempol Pasuruan. 

Di lokasi tampak personel gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP, Dishub dan para relawan berdiri memfilter kendaraan berplat nomor luar wilayah Sidoarjo. Bila kedapatan tidak membawa surat keterangan atau tujuan mudik, petugas langsung menghalau untuk putar balik. 

“Ini kami lakukan sebagai upaya pengendalian dan mencegah penyebaran Covid-19. Jadi kendaraan dari luar Sidoarjo selain kami putar balik, juga akan di lakukan tes Covid-19. Jika positif kami sudah menyiapkan tempat isolasi,” Kata Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji. Jumat (7/5/2021) dilansir Nusadaily.com.

Sumardji menambahkan, sejak dioperasikan pos penyekatan sudah ada sekitar 50 kendaraan langsung disuruh putar balik, karena perjalanannya tanpa tujuan yang jelas, atau dengan tujuan mudik. 

“Selain mengecek tujuan perjalanan, kami juga mengecek kelengkapan surat berkendara dan mengedukasi masyarakat senantiasa disiplin protokol kesehatan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali, mengapresiasi upaya dari personel gabungan ini dalam menjaga dan memfilter kendaraan yang akan masuk ke Sidoarjo. 

“Kami lihat sendiri, petugas telah memahami apa yang harus dilakukan. Ketersediaan ambulance hingga perlengkapan medis juga ada di pos penyekatan. Semua berjalan baik,” ujarnya.

Gus Muhdlor menegaskan, terpenting dari kegiatan ini para petugas harus dapat mengedukasi masyarakat tidak melakukan perjalanan mudik. 

“Ingat sekali lagi, jangan mudik. Lebaran di rumah saja, dan jangan lupa disiplin protokol kesehatan,” ungkapnya.

Rombongan Forkopimda Sidoarjo yang mengikuti rangkaian pengecekan pos check point penyekatan mudik 2021 tersebut, antara lain Ketua DPRD Sidoarjo Usman, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali. Serta Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji, Dandim 0816 Letkol. Mohammad Iswan Nusi, Kajari Sidoarjo Arief Zahrulyani, Kepala Pengadilan Negeri Sidoarjo Mohammad Muchlis dan beberapa penjabat di lingkungan Pemkab Sidoarjo. (ful/wan)