DPUPRPKP Kota Malang Segera Atasi Masalah Banjir di Jalan Ir. Rais dan Sumbersari

  • Whatsapp
banjir malang
Ilustrasi titik banjir Kota Malang. (istimewa)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Saat hujan deras, beberapa titik di Kota Malang mengalami banjir, hingga menjadi atensi khusus. Seperti yang terjadi di Jalan Ir. Rais.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DUPRPKP) Kota Malang, Hadi Santoso mengatakan, setiap curah hujan tinggi, Jalan Ir. Rais kerap terjadi banjir yang menggenangi area permukiman warga.

Baca Juga

“Bagaimana caranya nanti disitu air tidak menggenang lagi ke permukiman. Posisinya kan ada di bawah, tepat di samping sungai. Kami akan menangani sesuai perintah dari pak wali (Wali Kota Malang),” terang dia.

BACA JUGA: Ini 10 Titik Banjir Baru di Kota Malang

Pria yang akrab disapa Soni tersebut mengungkapkan, permasalahan tersebut adalah permasalahan sosial. Sehingga, harus bisa diselesaikan demi masyarakat Kota Malang.

“Kemarin, saat banjir, genangan yang di depan Pasar Kasin begitu rembesinya kami buka, bisa tuntas. Ini harus segera kami carikan teknisnya agar tak terjadi genangan lagi yang bisa merugikan masyarakat,” papar dia.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pihaknya akan membuat sudetan ke Sungai Kasin yang nantinya ada gorong-gorong yang ditempatkan di bawah gang-gang sekitar Jalan Ir Rais.

“Kalo itu semua kan beloknya ke Pasar Kasin, gak akan nampung. Harusnya ke timur dan langsung ke sungai, itu yang nanti akan kita buatkan teknisnya,” kata dia.

Selain Jalan Ir Rais, DPUPRPKP Kota Malang juga menyoroti kawasan Sumbersari yang saat ini aspalnya tergerus air hingga menyebabkan lubang yang cukup dalam.

“Dilihat dulu, kemarin lubangnya karena apa. Disitu kan ada pipa PDAM bocor dan sudah ditangani teman-teman PDAM. Tapi akhirnya urukan tersebut ambrol dan mulai dari kemarin sudah kami tangani,” jelas dia.

Soni menambahkan, pihaknya akan segera menyelesaikan urukan yang ambrol tersebut dalam waktu dua minggu kedepan dengan cara memperbaiki urukan dan bekerjasama dengan pihak PDAM.

“Dua minggu ini harus selesai. Itu kami bobol semua dan kami benahi gorong-gorongnya. Pokoknya jangan ada pipa PDAM bocor, tapi pihak PDAM juga sudah merespon dengan cepat dan saya terima kasih. Jadi nanti pipa yang bocor akan diperbaiki oleh PDAM dan setelah itu kami akan turun untuk melakukan pengurukan,” pungkas dia.(nda/lna)

Post Terkait

banner 468x60