DPK Kota Batu dan TNI AU Gelar Latihan Vertical Rescue Bersama

  • Whatsapp
simulasi
Simulasi penyelamatan korban diperagakan personel Damkar Kota Batu melakukan latihan vertical rescue bersama TNI AU Abdulrahman Saleh di Pohon Inn Jatim Park 2
banner 468x60

NUSADAILY.COM -KOTA BATU– Dinas Pemadam Kebakaran (DPK) Kota Batu menjalin sinergitas bersama TNI AU Abdulrahman Saleh. Sinergitas yang dibangun antar keduanya dengan menggelar latihan bersama vertical rescue di Pohon Inn Hotel, Kota Batu, Selasa (24/11).

Latihan vertical rescue bersama itu sebagai ajang berbagi ilmu dalam penyelamatan korban kecelakaan atau bencana. Sehingga DPK bisa mengadopsi teknik vertical rescue dari TNI AU.  Skenario yang dirangkai bermula dari sebuah pesawat yang menabrak gedung tujuh lantai dan memicu insiden kebakaran.

Baca Juga

Kepala DPK Kota Batu Himpun menjelaskan, instansi yang dipimpinnya memiliki tupoksi pencegahan, pemadaman, penyelamatan, pemberdayaan masyarakat serta penanganan bahan berbahaya.

Ia berharap latihan ini dapat mengasah kemampuan dan keterampilan personel damkar. Karena peningkatan kapabilitas bisa diserap dari berbagai pihak.

“Sehingga Petugas Damkar dapat menyelamatkan korban, harta dan benda dengan lebih baik. Intinya meminimalisir kerugian,” ujar dia dilansir Nusadaily.com.

Sementara itu Keanggotaan Best Rescue Lanud Abdulrahman Saleh, Peltu NRP 516163 Didik Purwanto mengatakan sinergi ini sebagai sarana berbagi ilmu agar kinerja penyelamatan lebih bagus dan penanggulangan bencana wajib dilaksanakan.

Pihaknya memberikan materi tentang kecelakaan pesawat. Ia mengatakan, para petugas penanggulangan bencana dan kecelakaan harus memiliki kapasitas pengetahuan teknik penanganan ketika ada kecelakaan pesawat di pemukiman.

Ia menjelaskan kru damkar maupun SAR bukan pelayanan pribadi namun kelompok yang dapat melakukan penyelamatan pada setiap kecelakaan. Petugas penanggulangan bencana harus selalu meningkatkan ilmunya agar selalu bisa meningkatkan kompetensinya.

“Sehingga semua pihak penanggulangan bencana dan kecelakaan dapat memaksimalkan pelayanan pada masyarakat dalam melakukan pertolongan pertama,” urai dia. (wok/wan)

Post Terkait

banner 468x60