Dishub Kota Malang Cek Kesiapan di Terminal, Tiga Bus Dikandangkan

  • Whatsapp
Tiga Bus Dikandangkan
Istimewa//CEK ARMADA: Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang melakukan pengecekan kesiapan armada bus, Selasa (27/10).
banner 468x60

MALANG – Selain melakukan pemeriksaan di Stasiun Malang, Dishub Kota Malang juga melakukan pemeriksaan di Terminal Arjosari. Hasilnya, ada tiga armada bus yang harus dikandangkan lantaran tak layak beroperasi.

Baca Juga

BACA JUGA: Jelang Libur Panjang, Dishub Kota Malang Lakukan Pemeriksaan di Stasiun

Kepala Dishub Kota Malang, Handi Priyanto mengungkapkan, setiap momen libur panjang, pihaknya selalu melakukan ramp check terhadap 80 armada bus yang aktif.

“Setiap ada momen libur panjang, kami melakukan pengecekan secara berkala. Jika sebelumnya ada 380 hingga 400 armada bus yang beroperasi, kali ini hanya ada 70 sampai 80 armada bus saja,” terang dia.

Handi menguraikan, ada beberapa peralatan yang diperiksa. Seperti safety belt, lampu, rem, pemecah kaca, wiper dan lainnya.

“Dalam tahap awal ini, ada tiga bus yang kami grounded (dikandangkan sementara waktu). Dua bus bannya sudah halus dan satu lagi KIR-nya mati. Tidak kami izinkan untuk jalan,” kata dia.

Menurur Handi, selama masa liburan panjang kali ini, pihaknya memprediksi tidak ada lonjakan penumpang yang cukup signifikan. Sebab, sejak beroperasinya tol Malang-Pandaan, okupansi penumpang bus cenderung mengalami penurunan.

“Lonjakan (penumpang) pasti ada, namun tidak terlalu signifikan sebab sudah ada tol. Banyak masyarakat yang bepergian menggunakan kendaraan pribadi,” papar dia.

BACA JUGA: Pasca Demo Ricuh, Dishub Kota Malang Berbenah

Meski demikian, pihaknya tetap mengantisipasi lonjakan penumpang yang terjadi saat momen liburan panjang, pihak bus telah meminta kuota tambahan dengan cadangan bus.

“Biasanya, kami melepas lima hingga 10 persen bus cadangan untuk jalan. Namun, kami tetap memastikan bahwa armada tersebut betul-betul safety untuk penumpang,” tandas dia.(Nda/Ian)

Post Terkait

banner 468x60