Dinkes Kota Malang Catat 1.634 Orang Jalani Isolasi Mandiri

  • Whatsapp
di
Dokumentasi - Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif. (ANTARA/HO-Humas Pemkot Malang)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Dinas Kesehatan Kota Malang menyatakan bahwa jumlah pasien terkonfirmasi positif virus corona jenis baru yang menjalani isolasi mandiri di wilayah Kota Malang, Jawa Timur, mencapai 1.634 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif, di Kota Malang, Kamis mengatakan bahwa data pasien konfirmasi yang menjalani masa isolasi mandiri tersebut cenderung fluktuatif.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA: Angka Kematian Pasien Tekonfirmasi Positif Covid-19 di Kota Malang Turun

“Pasien isolasi mandiri di Kota Malang, untuk saat ini yang masuk dalam catatan adalah yang terkonfirmasi positif dengan swab PCR. Jumlahnya sebanyak 1.634 orang,” katanya.

Husnul menjelaskan, para pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang tengah melakukan isolasi mandiri tersebut diimbau untuk melapor ke RT/RW, dan puskesmas wilayah terdekat agar dilakukan pemantauan kondisi klinis pasien.

BACA JUGA: Jalankan Perpanjangan PPKM, Kabupaten Malang Kategori PPKM Level 3

Menurutnya, dengan adanya laporan tersebut, kondisi klinis pasien terpantau dengan baik. Jika membutuhkan rujukan penanganan medis di rumah sakit, maka pihak puskesmas terdekat akan bisa segera melakukan tindakan medis.

“Jika mendapatkan hasil positif, baik PCR atau antigen, segera melapor agar dilakukan pemantauan kondisi klinis, termasuk pasokan obat-obatan. Laporan ini, juga bertujuan untuk mengurangi kasus yang terlambat untuk dirujuk,” katanya.

Selain pasien konfirmasi positif COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumah, lanjutnya, saat ini terdapat 436 pasien yang menjalani perawatan dalam pantauan di fasilitas layanan kesehatan yang disediakan, seperti Rumah Sakit Lapangan Idjen Boulevard.

BACA JUGA: Inul Daratista Naik Pitam! Semprot Tingkah Neno Warisman

“Untuk yang pantauan, ada yang di rumah sakit rujukan dan safe house, jumlahnya itu 436 orang,” katanya.

Pemerintah Kota Malang telah menyalurkan bantuan berupa 1.500 paket sembako kepada masyarakat yang tengah melakukan isolasi mandiri. Dari 1.500 paket bantuan tersebut, 1.250 paket di antaranya akan didistribusikan ke lima kecamatan di Kota Malang.

BACA JUGA: Jalankan Perpanjangan PPKM, Kabupaten Malang Kategori PPKM Level 3

Sementara 250 paket lainnya akan diserahkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang. Pemerintah Kota Malang menyatakan akan memberikan bantuan kepada warga yang tengah menjalani isolasi mandiri akibat terpapar COVID-19.

Tercatat, di Kota Malang, secara keseluruhan ada 9.281 kasus konfirmasi positif COVID-19. Dari total tersebut, sebanyak 6.503 orang dilaporkan telah sembuh, 708 dinyatakan meninggal dunia dan sisanya berada dalam perawatan.(eky)