Rabu, September 28, 2022
BerandaLifestyleFoodDapoer Kota Lama Malang, Pertahankan Nuansa Heritage Sajikan Menu Ala Jimbaran

Dapoer Kota Lama Malang, Pertahankan Nuansa Heritage Sajikan Menu Ala Jimbaran

NUSADAILY.COM – MALANG – Penggemar ikan bakar ala Jimbaran Bali dari Kota Malang dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh ke pulau dewata untuk menikmatinya. Mereka bisa datang ke Dapoer Kota Lama karena restoran ini memiliki menu khas ikan laut layaknya Jimbaran. Malahan ikan Dapoer Kota Lama memadukan ikan laut bumbu lebih sedap sehingga sesuai dengan lidah orang Jawa.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Dapoer Kota Malang di Jalan Laksamana Martadinata No 81 Kota Malang buka sejak Maret 2022 ini. Lokasinya sangat mudah dijangkau karena berada di Jalan Utama dengan fly over Kota Lama Malang. Restoran cukup luas dan memiliki beberapa ruangan untuk keluarga, teman kantor dan lainya. Mereka juga bisa memilih ruangan yang lebih privat. Begitu juga parker mobil dan motor sangat memadahi.

Restoran ini memakai bangunan heritage untuk menyajikan masakan khas ikan laut. Ya, masak ala Jimbaran. Makan ikan bakar di tempat yang sangat nyaman dan bersih.

Yudi Susilo pengelola Dapoer Kota Lama, mengatakan dari segi tempat, memang memiliki nilai heritage. Resto ini memiliki daya tampung bisa 130 orang. Restoran menerima reservasi untuk halal bihalal, meeting, ulang tahun. Ada enam ruangan memiliki nama-nama yang mewakili ciri khas Kota Malang. Misalnya Pecinan, Kajoetangan, Splendid dan ada lukisan yang dihasilkan dari karya Sadikin Pard.

Semua ruangan dilengkapi dengan ornament hingga lukisan seperti yang ada di lokasi-lokasi Kota Malang itu. Misalnya ruangan Splendid, terdapat lukisan jembatan seperti yang di Kawasan Splendid aslinya. Begitu juga dengan Kajoetangan terdapat lukisan gereja. Begitu juga dengan Pecinan terdapat guci hingga ornamen khas Cina.

‘’Lukisan itu karya Pak Sadikin, pelukis difabel Malang,’’ ungkap Yudi.

Untuk menu nasakan ikan bakar, dengan konsep ikan bakar Jimbaran. Ikan laut dengan kombinasi bumbu ala Jawa. Ikannya juga banyak pilihan. Ada ikan bakar porsi kecil per orangan dan besar sampai 10 orang. Dapoer Kota Lama, memiliki pilihan menu ikan yang mentah atau digoreng dulu. Pilihannya banyak di sini, makan dengan suasana yang nikmat. Karena tempatnya bersih

“Ada 20 item menu makanan. Ada paket makanan bisa 6 atau 10 orang, paket meeting juga ada, misal tiga jam Rp 1,5 juta untuk 25-30 orang,” urai Yudi Susilo.

Dia menjelaskan, range harga paket nasi mulai Rp 11 ribu sampai Rp 500 ribu. Ada juga hampers ikan bakar untuk 10 orang. Packing pakai kotak besar,yang biasanya dipesan luar kota sampai instansi.

Yudi sangat paham soal kualitas ikan, yang bagus dari Probolinggo dari TPI, biasanya ikan dari kapal penangkap yang melaut satu malam, dengan kualitas terjamin. Ikan yang berkualitas adalah ikan yang langsung beku di kapal.

“Ada kapal khusus yang bisa tangkap ikan langsung dibekukan di kapal. Jadi kualitas ikan kita standart ekspor dan industri,” urai Yudi yang berpengalaman di industri ikan tangkap mulai 1998 sampai 2020.

Nina Rahayu, istri Yudi Susilo, menambahkan ada ikan-ikan istimewa yang jadi andalan Dapoer Kota Lama. Seperti Ikan Lemadang, Ikan Lima Jari. Lemadang yang Dapoer Kota Lama pakai tersedia ukuran satu kilo. Maksimal 2 kilo bisa 15 orang.

Nina juga punya resep khusus agar ikan tidak bau tanah. Biasanya Ikan setelah dibersihkan dikasih air jahe yang direbus campur jeruk nipis,daun salam dan sere. “Air dipakai untuk merendamnya, 30 sampai satu jam,” kata dia.

Problem umum memasak, misalnya ikan P, biasanya masakan ikan jenis ini bau amoniak. Tapi di Dapoer Kota Lama tidak akan bau sama sekali, dijamin tidak akan bau. Biasanya, restoran ini beli sampai satu ekor 100 kg.

“Kita juga melayani hampers ikan bakar, sering dipesan pembeli untuk dibawa ke luar kota. Pemesan bisa melalui nomor ponsel +62813-3445-5360 dan Instragram Dapoer Kota Lama,” pungkas Nina. (wan)

BERITA KHUSUS

Enam Poktan Tembakau Situbondo Dapat Bantuan Kendaraan Roda Tiga, Ini Daftarnya

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Enam kelompok tani (Poktan) tembakau di Kabupaten Situbondo bakal mendapat bantuan kendaraan roda tiga. Bantuan itu berasal dari Dinas Pertanian...

BERITA TERBARU

Polisi di Jember Tuai Reward Penanganan Korupsi Sampai Layanan Terbaik

NUSADAILY.COM - JEMBER - Sebanyak 17 anggota Kepolisian Resor Jember memperoleh reward atau penghargaan terhadap prestasinya. Pemberian reward berlangsung saat apel pagi di halaman Mapolres...