Dampak Hujan Deras Disertai Angin, Empat Rumah di Kota Malang Ambrol

  • Whatsapp
rumah malang
AMBROL: Dua rumah di Jalan Kapri 2, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang ambrol, Senin (15/3/2021).(istimewa)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Akibat hujan deras disertai angin yang terjadi pada Minggu (14/3/2021) sore, dua unit rumah yang terletak di Jalan Kapri 2, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, ambrol. Beruntung, tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut.

Pemilik Rumah, Sukardi (52) mengungkapkan, sejak dua bulan terakhir, rumah yang ditempatinya itu sudah memiliki tanda-tanda akan longsor.

Baca Juga

BACA JUGA: Hujan Disertai Angin Kencang Landa Kota Malang

“Dua hari belakangan juga sudah ada tanda-tanda nggak enak. Ketika ada kejadian (hujan deras disertai angin), semalam ambrol,” terang dia, Senin (15/3/2021).

Dia menjelaskan, rumah yang ditinggalinya tersebut ambrol sekitar pukul 20.00-21.00 ketika hujan sudah reda. Mengetahui tanda-tanda akan longsor, sang pemilik rumah sudah menyelamatkan diri.

“Kami sudah keluar (rumah). Untuk sementara, ngungsi ke saudara,” papar dia.

Menurutnya, rumah tersebut dibangun selama delapan bulan terakhir. Ketika hendak melakukan pembangunan, ia merasa sudah aman.

BACA JUGA: Kota Malang Dilanda Banjir dan Pohon Tumbang, Ini Kata BPBD

“Sudah ada kesepakatan kalao pondasinya kuat. Karena sudah longsor, ya saya tidak punya apa-apa lagi sekarang,” ujar dia.

Sementara itu, pemilik rumah lainnya, yakni Fauzan sudah melakukan langkah antisipasi sebelum rumahnya ambrol.

“Karena sudah retak-retak memang (kondisi rumahnya). Di belakang rumah saya sudah longsor duluan, pas malam tahun baru,” kata dia.

Sehingga, ketika peristiwa ambrol, rumah tersebut sudah kosong alias tak berpenghuni.

“Saya ngungsi di rumah saudara yang dekat dari sini,” ujar pria yang berprofesi sebagai guru ngaji itu.

Menurutnya, ketika sedang melakukan pembangunan, ada pemasangan plengsengan yang salah. Sehingga, mengakibatkan rumah ambrol.

“Yang namanya musibah, mau bagaimana lagi. Kalau ada rezeki, insya allah akan bangun rumah lagi, di pinggir jalan aja,” papar dia.

Selain dua rumah di Jalan Kapri, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, dua rumah lainnya yang terletak di Jalan Bantaran, Kecamatan Blimbing, Kota Malang juga ambrol. Kedua rumah tersebut ambrol pasca terjadi hujan deras disertai angin. Beruntunh, tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut.(nda/lna)