Buruh Perkebunan Terdampak Banjir Jember Dapat Tambahan Bantuan Golkar Jatim

  • Whatsapp
banjir jember
Pemberian bantuan kepada buruh perkebunan yang terdampak banjir. (nusadaily.com/Sutrisno)

NUSADAILY.COM – JEMBER – Bantuan untuk warga terdampak musibah banjir di Kabupaten Jember terus mengalir. Salah satunya seperti yang tampak terjadi di Dusun Blater, Desa Curahnongko, Kecamatan Tempurejo pada Minggu, 31 Januari 2021.

Berdasarkan pantauan, bantuan datang berupa satu truk paket sembako yang berasal dari Partai Golkar. Namun, sejak siang ratusan warga sudah mengantri dengan memegang kupon untuk menunggu waktu bantuan dibagikan.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA: Pemkab Jember Tidak Punya Duit, Penanganan Banjir Minta Tolong Pemprov Jatim

Warga sempat dihibur dengan penyanyi dangdut di lokasi acara dalam yang berlangsung di Afdeling Trate, Kebun Kotta Blater PTPN XII itu.

“Mungkin supaya tidak jenuh lama menunggu,” kata Tutik, salah seorang perempuan pemegang kupon.

Tutik mengungkapkan, sebelumnya telah mendapat bantuan sembako dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur serta sejumlah relawan bencana alam dan juga komunitas off road pasca dua kali terkena banjir sekitar pertengahan Januari lalu. “Berarti ini tambahan bantuan lagi ini,” tuturnya.

Menurut perempuan yang bekerja sebagai penyiram obat pembasmi hama tanaman kebun itu, bantuan memang cukup membantu bagi warga termasuk dirinya agar tetap bisa memasak. Namun, bantuan tidak sampai membuat rasa was-wasnya terhadap banjir menghilang.

Pernyataan senada diutarakan Rubita, yang mengaku sangat khawatir dengan banjir yang bisa datang sewaktu-waktu. Ia bercerita, tempat tinggalnya yang berada dalam perkebunan selalu menjadi langganan banjir. Tapi, tahun ini dirasa yang paling parah.

“Karena kalau hujan pasti kepikiran, takut banjir datang lagi. Apalagi kalau hujannya lama, kami takut seperti kemarin itu kan sampai sedada airnya. Kami harus mengungsi, sedangkan perabotan-perabotan terendam air. Kalau yang barang elektronik maupun kasur rusak semua,” ungkap Rubita.

Bantuan mulai dibagikan sekitar pukul 15.45 WIB. Tepatnya, setelah Sekretaris DPD I Partai Golkar Jawa Timur, Sahat Tua Parlindungan Simanjuntak datang dan berpidato dihadapan warga. Sembako diberikan kepada sekiar 454 kepala keluarga (KK) yang mayoritas adalah buruh di Afdeling Blater, Guci, Trate, dan Ketangi.

Dalam pernyataannya, ia merasa prihatin dengan kondisi jalan menuju pemukiman warga yang harus melalui jalan-jalan rusak akibat terkena banjir. Akses jalan besar Jalur Lintas Selatan (JLS) disana pun masih berupa bebatuan.

“Bantuan ini bentuk kepedulian kami dari Partai Golkar. Kalau masalah jalan, menurut laporan informasi yang kami terima bahwa sekitar 3-4 bulan lagi sebagian akan mulai diaspal hotmix. Mudah-mudahan segera terealisasi,” bebernya.

Sahat memberitahukan, rencana mengaspal JLS akan dipantau terus oleh Karimullah Dahrujiadi, legislator Partai Golkar di DPRD Provinsi Jawa Timur yang kebetulan berasal dari Desa Curahnongko.

BACA JUGA: BPBD Jember: 436 Rumah Warga Tergenang Banjir di Jember – Imperiumdaily.com

“Saya minta tolong Pak Karim dibantu juga dicarikan pendamping. Soalnya, dia semalam panik saat mempersiapkan acara ini. Biasanya kalau orang panik, karena belum punya pendamping,” ucap Sahat melontarkan candaan kepada Karimullah yang berstatus duda.

Warga sontak tertawa mendengar joke dari Sahat. Adapun Karimullah hanya tersenyum. Posisi Karimullah sendiri adalah Ketua DPD II Golkar Kabupaten Jember. “Bantuan kepada warga kali ini dari sumbangan teman-teman,” jelasnya. (sut)

Pos terkait