Bupati dan Forkopimda Situbondo Sidak Pasar, Pastikan Stok Bahan Pangan Aman

  • Whatsapp
bahan pangan
Bupati Situbondo, Karna Suswandi melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke pasar Panji. Pria asal Desa Curah Tatal. Kcamatan Arjasa ini memastikan stok bahan pokok aman saat bulan puasa (nusadaily.com/Fathur Rozi)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – SITUBONDO – Bupati Situbondo, Karna Suswandi beserta Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di dua pasar tradisional yang ada di Kota Santri. Yakni, pasar Panji dan Mimbaan. Kedatangan pria yang akrab disapa Bung Karna ini guna memastikan stok bahan pokok aman menjelang bulan puasa.

“Kami memantau stok kebutuhan pokok sekaligus harganya. Biasanya menjelang bulan ramadan, harga sembako cenderung naik,” ujarnya, kepada awak media, Senin 12 April 2021.

Baca Juga

BACA JUGA: Harga Bahan Pokok di Pontianak Stabil Menjelang Ramadan

Lebih lanjut, pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini memastikan stok bahan pokok di Kabupaten Situbondo aman. Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk tidak khawatir. “Tadi saya berbincang dengan pedagang untuk stok sembako, daging dan sayuran mayur aman. Cuman memang ada beberapa komoditas ada yang mengalami kenaikan harga,” tambahnya.

Mantan Kadis PUPR Bondowoso ini meminta masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan saat berbelanja di pasar tradisional. Hal tersebut disampaikan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Tetap patuhi prokes. Lakukan 3 M mulai memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak satu sama lain,” pungkasnya.

Adapun harga bahan pokok di pasar Panji berfariasi. Seperti, cabe merah besar naik dari yang awalnya Rp 35.000 per kilogram menjadi Rp 40.000 per kilogram. Telur ayam broiler Rp 22.000 per kilogram naik menjadi Rp 23.000 per kilogram. Sayur mayur, rata-rata naik sekitar Rp. 500 per ikat. Daging ayam broiler naik menjadi Rp 38.000 yang sebelumnya Rp 31.000 per kilogram

Kemudian, bawang merah Rp 20.000 turun dari yang sebelumnya Rp 26.000 per kilogram. Bawang putih juga turun menjadi Rp 24.000 yang awalnya Rp 26.000 per kilogram.

BACA JUGA: Jelang Ramadan, Diskopindag Kota Malang Pastikan Stok Pangan Aman

Sementara itu, harga beras tetap di angka Rp 10.000 per kilogram. Daging sapi terpantau stabil, yaitu Rp 110.000 per kilogram. Gula pasir Rp 11.500 per kilogram.

Hadir dalam acara tersebut pimpinan DPRD, Kapolres Situbondo, Dandim 0823, Kasih Intel Kejaksaan Negeri Situbondo, Sekda Situbondo dan jajaran kepala OPD. (fat/lna)