Bupati Blitar Imbau Masyarakat Buka dan Sahur Hanya Bersama Keluarga Inti

  • Whatsapp
bupati blitar
Focus Group Discussion (FGD), Pemkab Blitar, Kamis 8 April 2021.(istimewa)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – BLITAR – Bupati Blitar, Rini Syarifah, mengimbau masyarakat melakukan buka puasa dan sahur hanya bersama keluarga inti. Hal ini sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 di bulan Ramadhan.

“Keluarga inti itu seperti orang tua, anak, serta suami atau istri. Dengan demikian tidak menimbulkan kerumunan dan bisa mencegah penyebaran Covid-19,” kata Rini kepada Nusadaily.com saat mengikuti Focus Group Discussion (FGD), Kamis 8 April 2021.

Baca Juga

BACA JUGA: Kunjungi Pelatihan Kerajinan Kayu, Bupati Blitar: Dapat Tingkatkan Kapasitas SDM

FGD membahas upaya pencegahan penyebaran Covid-19 pada bulan Ramadhan 1442 H itu dilakukan di kantor Kecamatan Nglegok. Hadir secara langsung Kapolres Blitar Kota, Kapolsek Nglegok, Sanankulon, dan Ponggok, kemudian Camat Nglegok, Sanankulon dan Ponggok, serta tokoh agama dan masyarakat.

“Jadi saya ingin menekankan bahwa umat Islam diwajibkan menjalankan ibadah puasa dengan baik sesuai ketentuan beribadah. Selain itu, pelaksanaan sahur dan berbuka puasa dilakukan oleh individu atau keluarga inti, tidak perlu melakukan sahur on the road maupun buka puasa bersama,” tegasnya.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini menuturkan, di masa pandemi ini harus menjadi momentum untuk meresapi makna sejati ibadah puasa yang dijalankan bersama orang-orang yang disayangi di rumah.

Menurutnya, saat ini merupakan tahun kedua pelaksanaan puasa Ramadhan dimasa pandemi Covid-19. Berbagai kegiatan yang dijalankan selama bulan Ramadan tahun ini harus mengalami penyesuaian seperti tahun lalu.

BACA JUGA: Hadiri Peresmian Maspion Bazar, Bupati Blitar Sampaikan Pesan Bagi Koperasi

“Maka dari itu, pada kesempatan kali ini, kita bersilaturahmi dalam Forum Group Discussion (FGD) untuk bersama-sama membahas upaya pencegahan penyebaran Covid-19 pada bulan Ramadhan 1442 H,” paparnya.

Terrakhir, Rini berharap kondisi normal segera pulih. Sehingga bisa beribadah, bekerja dan belajar kembali berlangsung normal. Salah satu upaya untuk menekan penyebaran Covid-19 dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan atau 5 M.(tan/lna)