Bupati Blitar Apresiasi Bidan Desa Serang, Tempuh 60 Km Demi Layani Masyarakat

  • Whatsapp
Menginspirasi Tenaga Kesehatan, Bupati Blitar Apresiasi Bidan Desa Serang Tempuh 60 Km Demi Layani Masyarakat
banner 468x60

NUSADAILY.COM – BLITAR – Menginspirasi tenaga kesehatan, Bupati Blitar, Rini Syarifah memberikan apresiasi kepada bidan Desa Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar. Sebab demi memberikan pelayanan kepada masyarakat, bidan desa ini menempuh jarak hingga 60 kilometer (km).

Aprilia Suharlin Ningsih, bidan desa ini setiap hari harus menempuh perjalanan dari Desa Sidorejo Kecamatan Ponggok hingga puskesmas pembantu (pustu) Desa Serang Kecamatan Panggungrejo.

Melihat semangat bidan desa tersebut, secara spontan Bupati Blitar langsung memberikan apresiasi berupa reward. Rini menuturkan, semangat bidan desa ini patut diapresiasi. Apalagi di momen Hari Kartini, kisah bidan desa ini bisa memberikan inspirasi bagi tenaga kesehatan lainnya.

“Ini tadi sedang tinjauan ke Pustu Desa Serang. Bidan desa sangat semangat melayani di desa kecil. Semangatnya harus menjadi inspirasi di zaman saat ini,” kata Rini kepada Nusadaily.com usai memberikan reward.

Menurut Rini, kesehatan menjadi salah satu program prioritasnya. Sehingga dalam rangka percepatan peningkatan kualitas layanan kesehatan Bupati Blitar meninjau fasilitas kesehatan di wilayah Kecamatan Panggungrejo.

Saat peninjauan, orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini meminta agar para tenaga kesehatan serius dalam menangani dan mencegah stunting serta gizi buruk. Sehingga harus ada data tersinkronisasi mulai tingkat pustu hingga rumah sakit.

“Nah, makanya jangan sampai ada yang terlewat, Kepala Desa bersama Pustu, Polindes dan Puskesmas harus menerjunkan tim untuk deteksi dini. Saya hanya ingin memastikan, pelayanan kesehatan di level paling bawah bisa berjalan maksimal dalam melayani masyarakat,” tuturnya.

“Petugas kesehatan kan menjadi garda terdepan pelayanan. Makanya harus diperhatikan. Ibu bidan ini wujud nyata Kartini masa kini,” imbuhnya. (tan/kal)