Bupati Anas Ajak Kades Pacu Pemulihan Ekonomi Paska Pandemi

  • Whatsapp
Bupati Anas saat memberi arahan kepada seluruh Kepala Desa saat Musrembangdes 2022 yang dilaksanakan serentak secara virtual
banner 468x60

NUSADAILY.COM – BANYUWANGI – Pandemi COVID-19 berdampak pada terpuruknya perekonomian masyarakat. Oleh sebab itulah, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas meminta para kepala desa dan lurah agar dalam penyusunan prioritas program pembangunan tahun 2022 di wilayahnya masing-masing dititikberatkan pada upaya pemulihan ekonomi.

Menurut Anas, program pembangunan 2022 memiliki tantangan tersendiri, mengingat pada masa tersebut masih berada dalam masa recovery akibat pandemi COVID-19. Hal tersebut berakibat pada berkurangnya dana transfer dari pemerintah pusat ke daerah.

BACA JUGA: Urai Kemacetan, Jalan Krematorium Kota Batu Dipasang Box Culvert

“Anggaran yang terbatas tersebut harus disiasati dengan membuat skala prioritas sejak sekarang. Salah satunya, kades harus membuat rencana pembangunan yang fokus dan berkelanjutan. Karena dampak pandemi ini semua anggaran menjadi berkurang, maka sebuah program yang belum selesai di tahun berjalan bisa dilanjutkan di tahun berikutnya untuk hasil maksimal,” kata Anas.

Secara khusus, Anas meminta agar dirancang program pemulihan ekonomi yang berorientasi pada pembukaan lapangan kerja dan menggerakkan ekonomi warga di perdesaan. Program dari desa itu akan didukung sepenuhnya oleh pemerintah kabupaten.

Selain merancang program yang fokus dan berkelanjutan, ia juga meminta agar kepala desa menjadikan program kebersihan lingkungan dan pengolahan sampah menjadi program kerja desa. Desa yang bersih dan mampu mengelola sampahnya merupakan salah satu indikator sebuah desa yang maju.

“Desa harus mulai bisa mengelola sampahnya,lebih baik lagi jika bisa sampai menghasilkan produk seperti pupuk organic yang bisa menjadi pemasukan bagi kas desa. Hal ini bisa dicontoh dari sejumlah desa di daerah yang sudah mulai menjalankannya” pinta Anas.

Memperkuat modal sosial

Anas juga mengingatkan agar desa bisa terus memperkuat modal sosial berupa kerukunan dan kekompakan antar warga. Baik antara tokoh agama, tokoh masyarakat hingga antar umat beragama.

“Jaga harmoni, kerukunan dan kebersamaan karena ini menjadi modal sosial yang penting agar semua program pembangunan yang direncanankan bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan yang berarti,” katanya.

BACA JUGA: Sempat Tertunda, Polresta Makota Segera Lakukan Gelar Perkara Kasus Unisma

Tak lupa, Anas mengingatkan kepada seluruh kepala Desa agar terus mensosialisasikan pelaksanaan protokol kesehatan kepada masyarakat untuk menekan penyebaran COVID-19. Sebab, selain untuk melindungi masyarakat dari bahaya corona virus, protokol kesehatan ini juga menjadi kunci utama untuk memulihkan perekonomian.

“COVID-19 belum berlalu. Jaga diri masing-masing dan warga panjenengan. Jangan berhenti mensosialisasikan protokol kesehatan, baik penggunaan masker, mencuci tangan, menjaga jarak. Ini adalah kunci untuk bangkit dari keterpurukan,” tutup Bupati dua periode ini. (ozi/kal)

Post Terkait

banner 468x60