Budidaya Tawon Klanceng di Magetan, Madunya Untuk Menambah Stamina

  • Whatsapp
Budidaya tawon klanceng
Agus Sutoyo membudidayakan tawon klanceng di belakang rumahnya. (Riyanto/nusadaily.com)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MAGETAN – Agus Sutoyo, warga Desa Selotinatah, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan sejak setahun lalu menekuni budidaya tawon Klanceng di belakang rumahnya.

Kini berkat ketekunanya, ia menikmati hasil penjualan madu Klanceng yang ia dapat dari alam.

Diceritakan, Agus membudidayakan tawon Klanceng ini, berawal dari banyaknya tawon Klanceng liar bersarang di rumbunnya bambu di sekitar desanya.

Memanen sarang Klanceng lumayan sulit, karena berada di rumpun bambu yang cukup lebat.

“Kalau sekarang sudah sulit, karena yang cari sudah banyak, gak seperti dulu,” kata Agus.

Kemudian, ia dan rekanya berinisiatif untuk membudidayakan tawon klanceng di kotak buatan yang taruh di belakang rumahnya. Seiring berjalanya waktu, setiap dapat sarang mereka bawa pulang dan dipindah.

Kini puluhan sarang di belakang rumahnya dapat madunya dipanen kapan saja, karena tawon jenis ini tidak mengenal musim, selalu menghasilkan madu setiap saat.

“Madunya gak menaun sih mas, ada aja madunya, kalau mau dipanen sewaktu-waktu ada aja madunya, kelebihan lainnya, tawonnya gak mudah kabur, gak seperti tawon glodok,”lanjut Agus.

Untuk pemasaran madu Klanceng cukup mudah, apalagi sedang musim pandemi seperti saat ini.

Menurut Andik salah satu pembeli mengaku, membeli madu klanceng ini untuk menambah stamina dan menambah ketahanan tubuh. Madu tawon klanceng diyakini memiliki banyak khasiat, salah satunya bisa jadi anti oksindan tinggi.

“Buat daya tahan tubuh, buat keluarga saya di rumah, karena ini musim Corona, dan sudah musim penghujan, saya butuh ini untuk daya tahan tubun saya dan keluarga d rumah,” ujar Andik.

Agus dan rekannya menjual satu botol madu klanceng dengan harga Rp 300 ribu.

“Saya rasa, ini sangat terjangkau ya, harga Rp 300 ribu, karena dengan pencariannya sangat susah dan sangat langka dicari di alam liar,” pungkasnya.

Dalam sebulan, Agus mengaku dapat menjual puluhan botol madu tawon ini, hasil penjualan madu ini dapat membantu ekonomi saat pandemi. (nto/ark)

Post Terkait

banner 468x60