Bondowoso Permak Enam Desa untuk Pikat Pendakian Ijen dan Raung

  • Whatsapp
Gunung Raung إيجين وراؤونج
Bupati Bondowoso Salwa Arifin saat berdiskusi dengan Tim LP2M Universitas Jember. (nusadaily.com/Sutrisno)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – BONDOWOSO – Kabupaten Bondowoso terus berbenah di sektor wisata alam. Sebanyak enam desa di wilayah kecamatan Sumberwringin bakal digarap secara khusus supaya menjadi akses pendakian Gunung Ijen dan Gunung Raung yang lebih memadai.

Bupati Bondowoso Salwa Arifin menyampaikan, hal itu dilakukan untuk menyambut terpilihnya Bondowoso sebagai tempat pelaksanaan Desa Sejahtera Astra.

Baca Juga

“Kami berterima kasih dan siap berkolaborasi untuk pembangunan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat untuk mewujudkan visi Bondowoso melesat,” katanya, Kamis 9 Juli 2020.

Salwa menjelaskan, konsep programnya adalah mengintegrasikan antara potensi unggulan masing-masing desa dengan pariwisata dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Bondowoso berkolaborasi dengan Kementerian Desa, LP2M Universitas Jember (UNEJ), dan PT Astra Internasional.

Korpus Pemberdayaan, Hermanto Rohman mengatakan, Bondowoso berada dalam daftar 11 kabupaten di 8 provinsi se-Indonesia yang terpilih.

“Di Provinsi Jawa Timur ada dua kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi. Pasca launching dan kerjasama kami akan diskusikan timeline dan agenda bersama OPD dan stakeholders terkait,” ungkap dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNEJ ini.

Sedangkan, Korpus KKN Ali Badrudin menilai, Bondowoso sangat progresif dalam pembangunan wilayah pedesaan.

“Berdasarkan data profilling yang kami dapatkan, Bondowoso daya tarik yang kuat adalah potensi unggulan kopi dan wisata Ijen serta gunung Raung,” paparnya.

Tim LP2M tengah menggarap desain perpaduan dua potensi wisata alam tersebut. Survei menunjukkan, 6 desa yang sudah ditetapkan sangat potensial.

“Semakin dapat mengakselerasi Bondowoso memiliki kawasan unggulan cluster kopi dengan konsep wisata,edukasi, serta budaya berbasis masyarakat. Kalau berhasil, nanti menjadi kawasan penyangga kawasan wisata ijen maupun pendakian gunung Raung. Sehingga para wisatawan ke Ijen semakin tertarik lewat jalur Bondowoso,” pungkasnya. (sut)

Post Terkait

banner 468x60