Blitar Desak Pilkada 2020 Ditunda, Pandemi COVID-19 Sentuh Titik Darurat

  • Whatsapp
Blitar desak pilkada 2020 ditunda
Aksi demonstrasi di Kota Blitar beberapa waktu lalu. (ilustrasi)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – NUSADAILY.COM-BLITAR- Gelombang desakan Pilkada 9 Desember 2020 ditunda mendatang terus terjadi. Blitar desak Pilkada 2020 ditunda. Sejalan dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) telah menyatakan beberapa sikap.

Baca Juga

BACA JUGA: Ramai-ramai Usul Pilkada Serentak Ditunda, Ini Respons Bawaslu

Di antaranya PBNU meminta menunda pelaksanaan tahapan Pilkada serentak tahun 2020 hingga tahap darurat kesehatan terlewati. Serta meminta untuk merealokasikan anggaran Pilkada bagi penanganan krisis kesehatan dan penguatan jaring pengaman sosial.

Desakan pihak lain, ternyata juga terjadi di daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada 2020, yakni di Blitar. Di mana pada pesta demokrasi nanti, Blitar akan menggelar dua ajang sekaligus, yakni Pilwali dan Pilbup.

Dihubungi Nusdaily.com, Ketua LSM Komite Rakyat Pemberantasan Korupsi (KRPK), M Trianto memmberi penjelasan. Saat ini pandemi virus corona sudah menyentuh titik darurat. Untuk itu, ia meminta sebaiknya Pilkada serentak 2020 ditunda. Tak hanya itu, Trianto juga mengingatkan bahwa saat ini banyak kegiatan lain ditunda akibat pandemi, seperti keagamaan dan pendidikan.

“Ingat, kegiatan-kegiatan kegamaan dan pendidikan saja ditunda, kenapa pilkada secara langsung dipaksa-paksakan digelar saat pandemi. Kalau nanti muncul banyak kaster dalam tahapan pilkada serentak bagaimana? Siapa yang tanggung jawab? Kalaupun pilkada ditunda, pemerintahan daerah kan masih tetap saja jalan,” tandasnya terkait Blitar desak pilkada 2020 ditunda, Senin 21 September 2020.

Trianto juga menegaskan, untuk saat ini lebih baik anggaran yang nilainya cukup besar diarahkan untuk menyikapi dampak COVID-19. Menurutnya, efek domino pandemi virus corona luar biasa, banyak sektor kehidupan yang ambruk dan butuh penanganan khusus.

“Nah makanya lebih baik anggaran yang cukup besar digunakan untuk menyikapi dampak corona. Karena tentunya untuk memulihkan sektor kehidupan yang ambruk juga perlu suntikan dana luar biasa besarnya,” tutupnya kepada induk imperiumdaily.com ini.(tan/cak)

Post Terkait

banner 468x60