Bicara Ngelantur, Pria Perusak ATM di Pasar Umbulsari – Jember Diduga Gangguan Jiwa

  • Whatsapp
Tangkapan layar rekaman CCTV saat Nuril mengamuk dalam bilik ATM. (istimewa)
banner 468x60

JEMBER – Tiada perkataan dapat dimengerti dari seorang pria yang ditangkap polisi usai mengamuk dan merusak mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di Pasar Kecamatan Umbulsari. Polisi yang menginterogasi pria tersebut hanya mendapati jawaban ngelantur tanpa jelas arah dan maksudnya.

Baca Juga

Diduga kuat laki-laki yang akhirnya teridentifikasi bernama Nuril Huda Efendi (41), asal Dusun Krajan, Desa Tembokrejo, Kecamatan Gumukmas itu mengalami gangguan jiwa. Tekanan psikologis disinyalir telah membuat yang bersangkutan sampai bertindak diluar batas.

Kendati demikian, pihak kepolisian masih melakukan penahanan kepada Nuril hingga didapati kepastian secara medis tentang kondisi kejiwaannya. Penyelidikan terus dilakukan dengan menelisik latar belakang maupun riwayat kesehatan Nuril.

BACA JUGA: Debat Pilbup Malang Dijaga 280 Personel

“Benar, kami masih amankan pelaku pengrusakan dan percobaan pencurian di ATM BRI kemarin sore itu. Kami juga amankan barang bukti palu yang dibuat merusak ATM tersebut,” kata Kapolsek Umbulsari, IPTU Murgiyanto di kantornya, Kamis 29 Oktober 2020.

Menurut dia, keterangan Nuril yang disampaikan kepada penyidik cenderung berbelit-belit. Sementara ini, penyidik belum memperoleh jawaban yang relevan dari Nuril terkait peristiwa perusakan mesin ATM.

Lebih lanjut Murgiyanto mengatakan, telah digelar olah tempat kejadian perkara (TKP) serta meminta keterangan dari pihak bank untuk mengetahui dampak-dampak dari tindakan perusakan. Rekaman CCTV saat kejadian berlangsung juga tengah dipelajari oleh penyidik.

“Masih berkoordinasi dengan pihak Bank BRI Cabang Umbulsari guna menyelidiki lebih jauh. Selain kerusakan apakah ada uang hilang di dalam ATM tersebut,” jelas Murgiyanto.

Sebelumnya, Rabu, 28 Oktober 2020 petang, Nuril membawa palu berukuran besar tiba-tiba mengamuk, memecah kaca bilik hingga layar monitor ATM di Pasar Kecamatan Umbulsari. Warga berlarian ketakutan melihat tindakan Nuril yang tampak sangat emosional dan kehilangan kendali.

Polisi yang datang beberapa saat usai kejadian berhasil membekuk Nuril dan mencegahnya melakukan kerusakan lebih lanjut. Belum diketahui pasti penyebab Nuril mengamuk sehingga hanya menarget ATM sebagai sasaran amarahnya. (Sut/kal)

Post Terkait

banner 468x60