Berpredikat Wisata Tangguh, Jatim Park 2 Resmi Buka

  • Whatsapp
Walikota Batu Dewanti Rumpoko mencoba kran cuci tangan yang dinyalakan dengan menginjakkan kaki pada bagian pedal
banner 468x60

NUSADAILY.COM – Kota Batu – Setelah vakum tak membuka aktivitas pariwisata selama tiga bulan, Jatim Park Grup Kota Batu kembali membuka dua destinasi wisata miliknya, yakni Jatim Park 2 (JTP 2) dan Eco Green Park. Re-opening resmi dimulai Sabtu pagi (27/6) sekaligus menandai barometer wisata Jawa Timur ini dengan julukan Wisata Tangguh Semeru.


Dua destinasi wisata milik Jatim Park Grup, JTP 2 dan Eco Green Park ditunjuk  Walikota Batu, Dewanti Rumpoko dan Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Pratama sebagai wisata tangguh.

Baca Juga


Dewanti mengatakan, kembali dibukanya magnet wisata di Jawa Timur ini perlahan-lahan dapat membangkitkan sektor pariwisata di Kota Batu. Selama pandemi, nyaris seluruh aktivitas wisata membeku. 


“Jatim Park sebagai magnet wisata di Jawa Timur kembali buka. Tentu di hari pertama re-opening, pengunjung tak terlalu membludak,” ujar Dewanti dilansir Nusadaily.com.


Ia menuturkan, selama pandemi ini manajemen membatasi jumlah kunjungan. Dalam situasi normal bisa menampung 6000 pengunjung, kali ini hanya membatasi maksimal hingga 3000 pengunjung. Ia pun berharap, melalui wisata tangguh, pengelola industri pariwisata, pengunjung hingga masyarakat bisa mematuhi protokol kesehatan.


“Dengan kondisi seperti ini tentu tingkat kunjungan masih sepi. Harus saling mendukung agar perlahan-lahan sektor pariwisata di Kota Batu kembali bangkit. Dan pastinya harus mematuhi protokol kesehatan,” seru Dewanti.


Dewanti mengungkapkan, saat ini Pemkot Batu belum menerima pengajuan pembukaan dari pengelola wisata di luar dari Jatim Park Grup. Bagi pengelola wisata yang akan kembali membuka aktivitasnya terlebih dulu akan disurvei oleh tim satgas untuk menilai kelayakan SOP protokol kesehatan.
“Kalau tidak diperhatikan akan jadi masalah baru di Kota Batu,” lanjutnya.


Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama menuturkan, re-opening JTP 2 dan Eco Green Park yang sekaligus dicanangkan sebagai wisata tangguh bisa menjadi pilot project bagi destinasi wisata lainnya di Kota Batu bahkan di tingkat Jawa Timur.


Harviadhi menilai, protokol kesehatan telah dijalankan secara layak. Pelaksanaan protokol kesehatan ini telah melalui tahapan verifikasi dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu. 


Ia menambahkan, ditetapkannya sebagai wisata tangguh merupakan serangkaian upaya yang telah disiapkan manajemen Jatim Park Grup dengan asistensi dari tim gugus tugas.
“Protokol kesehatan diterapkan ketat mulai dari pintu masuk, entrance tiket hingga di dalam area. Mudah-mudahan bisa jadi pilot project kegiatan wisata di Jawa Timur untuk bisa re opening dengan memperhatikan protokol kesehatan,” seru Harviadhi.


Masa transisi ini, Polres Batu menerjunkan 100 personil dengan dibantu TNI dan Satpol PP Kota Batu. Para personil disiagakan di beberapa titik keramaian termasuk destinasi wisata milik Jatim Park Grup.
“Selain berjaga  di pintu masuk, juga ada petugas yang keliling untuk mengingatkan masyarakat jika tak mematuhi protokl kesehatan,” ucap dia.


Sementara itu,  Manager Marketing & PR Jatim Park Grup Titik S Ariyanto menuturkan, predikat wisata tangguh yang disematkan pada dua destinasi itu harus pula ditunjukkan dengan integritas yang baik. Terutama bagi karyawan harus bekerja lebih ekstra dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Termasuk juga bagi para pengunjung.
“Pengunjung pun harus patuh protokol kesehatan yang telah ditetapkan Jatim Park 2,” imbuh Titik.
Sebagian besar pemesanan tiket pun dialihkan melalui layanan online. Selanjutnya, tiket yang telah dipesan online nantinya bisa langsung ditukarkan tiket gelang di loket masuk.

Diwajibkan pula bagi pengunjung untuk mengisi formulir secara online. Pendaftaran formulir secara online terlebih dulu dilakukan dengan memindai barcode untuk masuk mengakses link formulir.
“Sebelum masuk ke lokasi, mereka harus mengisi riwayat perjalanan, alamat email, nomor handphone, jumlah rombongan anggota keluarga, riwayat kesehatan,” katanya.


Titik menuturkan, beberapa pengunjung yang datang berasal dari beberapa daerah, diantaranya Yogyakarta, Semarang maupun Pekalongan. Terhitung sejak pukul 10.00 tadi ada 88 pengunjung yang berkunjung dan 74 orang lainnya telah memesan tiket secara online. Jam operasional yang diberlakukan mulai pukul 08.30-16.30.


“Hari ini yang dibuka Jatim Park 2 dan Eco Green Park. Kami akan evaluasi lagi selama dua pekan untuk membuka destinasi Jatim Park lainnya. Kalau sudah sesuai dengan protokol kesehatan kami akan buka destinasi JTP Group yang lainnya,” papar dia.


Ia menjelaskan, alasan pembukaan JTP 2 dan Eco Green Park  karena destinasi tersebut merupakan wisata outdoor. Serta sudah tiga bulan lamanya tak beraktivitas membuat finansial manajemen terbebani untuk merawat koleksi satwa-satwa yang ada di JTP 2.


“Ditutupnya wisata membuat ongkos manajemen terbebani. Budget kami harus dipertimbangkan kembali sehingga memilih membuka JTP 2 yang sekaligus sebagai icon produk JTP Grup,” pungkasnya. (wok/wan)

Post Terkait

banner 468x60